Pak Budi,
Kalau faecesnya berdarahnya biasanya kena disentri
(disentri amoeba), jadi ya tunggu sampai BAB berhenti
sendiri, kalau dihentikan maka bakteri yang ada dalam
perut tidak keluar dan nantinya malah tambah parah,
toh sudah dirawat di RS kan, jadi sabar saja menunggu
sampai BABnya sekitar 3x sehari biasanya sudah boleh
pulang. Dalam infus sudah diberikan antibiotik yang
mengobati penyakitnya dan mencegah anak dehidrasi.
Prinsipnya saat anak sakit semua organ tubuh juga
melemah salah satu akibatnya ya jadi susah makan,
karena itu tidak usah terlalu dipaksa, yang penting
dalam sehari bisa 2-3 suap saja sudah baik, usahakan
makanan yang diberikan halus dan tidak merangsang
(pedas, asam, dll) karena menambah berat kerja
perutnya. Nanti setelah kondisinya membaik baru
diusahakan makan dengan jumlah dan gizi yang tinggi
untuk mengganti kehilangan selama sakit.
Semoga si kecil cepat sembuh ya pak.

Mamanya dafi