Mbak Maretha,
rasanya sih yang paling penting jaga kesehatan dan dan cari health
insurance. Tergantung sama kerja suami ya, kalau dia tugas belajar,
biasanya dari sekolahnya ada insurance buat spouse. Atau kalau dia kerja,
dr tempat kerjanya ada juga insurance family (atau spouse). Trus cari juga
RS dan DSOG-nya segera -- yang of course dicover sama insurance.

Melahirkan di US sama aja kok sakitnya sama di tanah air. :-)
Tapi yang jelas bisa pesen anestesi epidural dari awal kok!

Rumah sakit dan karyawannya (dokter, nurse, pegawai) baik-baik semua...
kebetulan saya dulu melahirkan di CA. Dokternya baiiik banget. O iya, di
US semua serba pakai appointment lho! Jadi kalau mau ke dokter musti bikin
appt. dulu, ngga' bisa langsung datang dan antri, kecuali kalau emergency,
bisa lgsg ke ER.

Mental... wah, tergantung masing-2 orang ya! Memang sih jauh dr keluarga
ngga' enak, tapi moga-moga Mbak nanti bisa dapat best friend selama di US.
Yang pasti, kalau waktunya melahirkan nanti, suami harus mendampingi lho!!
Ya, satu-satunya orang terdekat sama kita toh! Alhamdulilah dulu ortu saya
bisa datang, ya meski cuman 2 minggu nungguin cucu, tapi lumayan banget
lah! Karena di RS kan cuman 2 hari (ini juga tgtg sama insurance, tapi
pada umumnya mereka cover biaya RS untuk melahirkan normal 48 jam, dan
untuk caesar 96 jam), jadi kita pulang bawa bayi merah, masih kesakitan...
syukur ada yang bisa bantu mengerjakan pr rumah. Kalau ngga' ada teman
atau saudara yang bisa datang, suami yang harus bantu. Suami ngga' bisa
masak? Ya, belilah! Fast food banyak kok...

Apalagi ya... o ya, kalau mau sering-2 kontak sama ortu di tanah air,
jangan lupa bawa aplio -- ngirit ongkos telpon. Aduh, saya bersyukur
sekali punya aplio, bisa ngobrol sama ortu tiap hari.... sekarang cucu
udah gede, malah jarang telpon-2 lagi.

okay deh, udah dulu ya... ada yang minta kelon!

regards,
Quinike