Salam Kenal Pak Wahyu,

Iritasi kulit terjadi juga pada anak saya waktu dia baru lahir. T'rus
kata DSA-nya jangan dikasih bedak bayi (talk) merk apapun
termasuk salicyl, baby oil atau baby lotion karena bisa
menimbulkan iritasi. Katanya sih kulit anak saya sensitif, dan
untuk pengobatannya dia memberi resep salep BENOSON - M
(awas lho banyak macemnya ada yang N dll) dan salep ini sangat
membantu lho. Dan setelah mandiin bayi kulitnya harus benar-
benar kering, kalo nggak si air yang nyelip di lipatan leher bisa
menimbulkan iritasi juga. Saat ini anak saya sudah berumur 8
bulan sudah jarang menggunakan salep dan saya belum berani
memberikan dia bedak lagi (padahal dia perempuan lho) karena
kata DSA-nya nanti adja kalo dia udah gede.

Mengenai penghentian talk, DSA-nya bilang karena anak saya
memproduksi keringat lebih banyak dibanding bayi lain dan orang
dewasa, sehingga talk yang tertinggal di lipatan leher malah
menimbulkan iritasi dan bukannya melembabkan karena pengaruh
dari keringat tersebut. Begitu katanya.

Mengenai diare pada bayi yang baru lahir dan diberi ASI exclusive
kata orang tua dan teman-teman serta DSA anak saya itu wajar
saja, karena kalo bayi yang baru lahir pasti sering pipis dan 'oo
(BAB).

Segitu adja sharing dari saya. Maaf lho kalo kepanjangan.

Ibunya Avie