From: Hutari [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 21 Desember 2000 13:31
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Konsulen Gastroenterologi

Mbak Endra, mungkin bisa dibilang anak saya salah satu yang berhasil berobat
ke Dr Suharyono. Memang pada awalnya harus ada niat yang beber-bener kuat
utk berobat, soalnya dokternya susah-susah gampang ngasih penjelasan.
Pertama kali saya juga bingung kok banyak sekali tahapan yg dilakukan. brhbg
suami saya juga penasaran kita jalanin aja. Memang sebelum tes lab dia nggak
akan jelasin panjang lebar, tapi setelah ada hasil dan target yg dikasihnya
juga tercapai msl dari tes faces selam 2 minggu berikut BB harus naik min
0.5 kg ( susah khan ??? ). Kalau tercapai mungkin nggak dilanjutin
pemeriksaan berikut, tapi dikasih lagi waktu 2 minggu. nach ini kalau nggak
naik lanjut kepemeriksaan berikut. Tes kedua biasanya tes mantoux, tes
ketiga paru - paru.
Untuk anak saya dari hasil fases saja sudah ketahuan banyak bakteri diperut
sehingga penyerapan makanan tidak maximal padahal makannya cukup banyak.
dikasih obat ( saya lupa ), berhubung anak kecil kadang terserang
pilek/batuk yg otomatis BBnya jadi drop,  kalau udah begitu pasti dia sudah
pasang muka angkernya dan harus jalanin tes berikut. Alhamdulilah anakku
cuma masalah disitu ( perut ) dan sdh diterapi lebih kurang 6 bulan,
sekarang sudah bagus dan semua sdh disetop. perkembengan selama 6 bulan itu
juga kelihatan sekali kenaikan BB dari sebulan hanya berapa ons, naik 0.5kg
/ bln, sampai 1 kg/bulannya, yang pada akhirnya dokternya bilang wah ini
sdah over. Anak saya yang BB hanya 9.5 kg selama 6  bln pengobatan jadi 16
kg. Dan itu saya jalankan yg menurut saya bisa masuk ke  anak saya, seperti
makan preda, anak saya nggak mau, nggak saya kasih, saya kasih yg lain dan
saya bilang ke dokternya bahwa BB nya naik bukan karena preda, commentnya
cuma " ya bagus ".
Soory ya kepanjamngan ceritanya, mungkin segini dulu ya......