Mbak Mardhiana,
pengalaman saya dulu juga sempet mengalami konstipasi, apalagi kalau minum
prenatal vitamin. Iron-nya kan tinggi tuh, itu yang membuat konstipasi.
Pepaya memang bagus buat membantu, tapi kalau pisang, setahu saya kok
malah bikin mampet ya... Soalnya kalau anak diare kan malah dikasih BRAT
(banana, rice, apple, toast).
Kalau ada, Mbak bisa makan buah-2an seperti plum, peach, apricot, prune.
Ini sangat membantu. Kalau ngga' ada yg fresh, yg kering pun okay. Aduh,
aku jadi pengen manisan plum nih...
O iya, jangan lupa minum air atau jus yang banyak juga! Juga sayuran...
Semoga membantu!

best regards,
Quinike