Minggu lalu, ada seorang nenek bijak yang mengantar cucunya
berobat ke saya. Di sela-sela waktu yang sempit, sang nenek bijak
sempat ngobrol dan mengemukakan bahwa ada 5 madu seorang
istri, yaitu :
1. Profesi si suami
2. Hobi si suami
3. Mertua (perempuan)
4. Ipar (perempuan)
5. Wanita lain.

Menurut beliau, untuk yang kelima (wanita lain) itu mudah disingkirkan,
asalkan si istri penuh percaya diri. Saya kurang faham maksudnya,
karena beliau sendiri juga ingin segera pulang untuk keperluan lain.
Sedangkan untuk yang ketiga dan keempat. Kelebihan si istri adalah
dia bisa melahirkan anak-anak si suami, yang tidak bisa dilakukan
oleh sang mertua maupun ipar. Tetapi kekurangannya, bahwa bagi
si suami tidak ada yang namanya bekas Ibu atau bekas adik/kakak,
tetapi bekas istri (bukannya istri bekas lho) itu sudah banyak.
Sedang mengenai yang pertama dan kedua, beliau tidak sempat
lagi menguraikan.

Ada komentar/tambahan?

Dr. Rudy Sutadi, SpA