Saya juga ikut ah...

apa mungkin dia tidak mau tidur, karena masih kangen dengan bapak-ibunya
? Mungkin bisa dicoba memberi waktu lebih banyak, buat main2 dulu
sebelum tidur ? Ngomong2, tidurnya biasanya jam berapa, Pak ?

Ogah tidur buat anak saya terjadi kalo weekend, kalo ibu-bapaknya ada di
rumah. Tidur siang bisa berlarut2 tertunda, bahkan sampai lewat jamnya.
Saya rasa itu karena dia pengen main lebih lama dengan ibu-bapaknya yg.
sehari2 kerja. Jadi, mendingan nggak bobo daripada nggak main2...:-)
Biasanya saya toleransi, jam tidur siangnya digeser sehingga lebih
pendek. Tapi kalo sampai jam tertentu masih nggak mau juga padahal sudah
mengantuk, akhirnya jarik juga turun tangan. ('Maksa tidur juga, ini mah
ya...? Abis, daripada nanti makan sore terkantuk-kantuk dan jadi BT ?)
Biasanya sih, kalo memang sudah mengantuk, 3-4 menit digendong juga
sudah blessss....lelap.

Saya pernah baca, susu membuat tidur lebih enak. Ada suatu zat yg. saya
lupa namanya, yg. membuat tidur jadi lebih rileks... Saya perhatikan,
memang kalo minum susu sebelum bobo, anak saya (22 bulan) lebih enak
tidurnya. Mungkin karena perutnya hangat dan kenyang juga, ya...

Tidur malam biasanya tidak bermasalah. Sebelum tidur selalu dibasuh
dengan air hangat. Ritualnya hampir sama spt. anaknya pak Taufan. Anak
saya juga minta dikipasin, padahal sudah dingiiiin...  Lalu dikasih
bantal kesayangannya (bantal merah, katanya. Padahal warnanya biru !)
buat dicubit-cubit. Kalo semuanya normal, biasanya dia akan cari posisi
yg. enak, lalu tertidur sendiri. Tapi kemaren malam dia nggak mau cepet
tidur, malah merengek2. Karena takut rengek2nya keterusan jadi menangis
dan malah bikin bad mood buat bobo, saya gendong saja pake jarik, cuma
diayun 2 menit langsung blesss....

Jadi saya rasa, kalo dia merasa senang, nyaman dan secure, dia akan
'rela' buat tidur... Tinggal bagaimana mengusahakannya, harus dicari yg.
cocok buat anak kita. Utk. anak saya, pada saat2 susah tidur, digendong
pake jarik mungkin memenuhi kebutuhannya akan hal2 di atas...
Begitu saja dari saya,

Salam,
Rien.