maaf lewat jalum berhubung banyak pertanyaan lewat japri yang menanyakan hal
yang sama, numpang dong pak untuk menjawabnya..boleh donk...

Salah satu indikasi sembuh dari flek paru-paru pada anak (maaf yang saya
tahu hanya pada kasus anak) adalah
adanya kenaikan berat badan (dipantau tiap bulan), tidak berkeringat lagi
saat tidur dimalam hari (biasanya selalu berkeringat meskipun kamar sudah
ber-AC) dan mulai doyan makan meskipun sedikit krn prosesnya bertahap. Masih
menurut pengalaman kakak saya, belum tentu anak yang menderita flek
paru-paru itu selalu batuk pilek..malah bisa dibilang jarang atau bahkan
nggak pernah batuk pilek (kalo TBC pada orang dewasa memang disertai batuk
yang hebat)..oleh sebab itu orang tua cenderung mengatakan anaknya
sehat-sehat saja walaupun kurus..tapi begitu divonis kena flek paru-paru
orang tua cenderung apriori dan tidak mau balik lagi ke dokter tsb...he he
he ini pengalaman kakak saya lho.....tapi lebih banyak  orang tua yang
mengikuti terapi tsb.
Memang penyembuhannya relatif lama....pemberian vitamin penambah nafsu makan
tidak banyak membantu atau bahkan tidak membatu untuk kasus yg sudah
teresistensi krn sumber penyakitnya tidak disembuhkan terlebih dahulu .
Jadi untuk yang teresistensi ciri utamanya adalah tidak ada kenaikan berat
badan secara periodik,  untuk yang berkeringat di malam hari kemungkinan
sudah tidak lagi......
Perlu diketahui untuk yang sudah teresistensi, pengobatan dengan Pyravit dan
Rimactane  hanya menolong kesembuhan max sebesar 25% saja..dan dosisnya
harus ditingkatkan atau diberi jenis obat yang lain dan rentang
pengobatannya relatif lebih lama.
Sebaiknya pemberian obat tidak diserahkan ke pembantu atau baby sitter tapi
orang tuanya sendiri (konsultaskan dg dokter waktu yang tepat untuk
memberikan obat tersebut dimana orang tua sendiri bisa melakukannya)..
Demikian 'penjelasan' saya...maaf sebenarnya ini penjelasan kakak saya loh
(saya bukan dokter, cuma seperti si Doel aja) ..cuma beliaunya nggak ikutan
milist ini sih..sibuk sama pasiennya yg hampir sebagian besar sakit
flek..dan alhamdulillah banyak yg udah jadi gemukkk alis sehat......cuma
pesannya jangan minta melulu anak jadi gemuk yang penting terhindar dari
sakit flek saja krn kalo anak membawa bakat dari ortunya kurus ya gimana
lagi....
ups..panjang banget.....