Abinya Rahma,
Untuk gigi memang ada masalah keturunan, jadi kalau
ortunya lambat keluar gigi maka anaknya bisa demikian.
Namun kabar baiknya adalah, menurut penelitian anak
yang keluar giginya lambat punya kualitas gigi yang
lebih bagus, meskipun kadar kalsium gigi juga
mempengaruhi.
Untuk anak bapak, giginya kan baru sedikit tumbuh jadi
kelihatan miring, nanti kalau sudah keluar semua
biasanya jadi lurus kok.
Gigi gingsul terjadi karena perbandingan besar gigi
dan lebar rahang tidak sesuai, jadi gigi berdesakan
sehingga ada yang keluar dari jalur. Rasanya sih
keturunan juga berpengaruh, apakah keturunan giginya
besar-besar atau keturunan rahang yang kecil,
kombinasinya bisa membuat gigi gingsul, tapi nggak
usah khawatir sekarang kan bracket gigi sudah sangat
maju, bahkan usia 35 tahun pun kalau dipasang bracket
(kawat gigi), bisa bagus lagi.

Mamanya Dafi

--- "Syah, Tengku Abdilah" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Bapak/Ibu sekalian,
>
> Saya mau tanya mengenai pertumbuhan gigi bagi
> balita.
> Kebetulan anak saya (11 bln) giginya baru tumbuh,
> tapi kelihatannya agak
> miring.......
> Bagaimana ya mengantisipasi agar pertumbuhan gigi
> anak kita nantinya tumbuh
> dengan letak yg normal (tidak miring/gingsul)  ??
> Apa ada hubungannya pertumbuhan gigi dengan
> keturunan, seandainya ada
> keturunan dari si anak itu giginya miring/gingsul
> [...]
klik,