Ibu Dwi / mamanya Iqbal,
Saya mau sharing sedikit mengenai BS, memang saya belum lama sich pakai
mereka (anak saya baru 6 bulan).
Tapi setidaknya saya udah bisa sharing sedikit dg tambahan informasi dari
temen".
Kalo dari pengalaman saya mengenai tugas, kewajiban dan hak seorang BS
adalah sbb :

1.  Mereka bertugas merawat, memelihara dan menyediakan segala sesuatu
keperluan yg bersangkutan dg si baby.
  Ya, mulai dari cuci, ngemong, dan segalanya dech pokonya yg berusrusan dg
baby.
2.  Mereka juga wajib memberitahu ke kita sbg Ortu segala sesuatu yg
terjadi pada si Baby.
3.  Mereka juga berhak dapat libur setiap 1 bulan sekali atau kalo enggak
bisa diganti uang (rata" antara 10-20 ribu)
     atau,  kalo enggak biasanya mereka mengumpulkan hak cuti mereka dan
diambil kalo ada keperluan mereka mis
     tiap 3 bulan sekali atau sesuai dg perjanjian.

Tapi menurut saya itu semua masih bisa dinego lagi sesuai dg wawancara kita
pada waktu awal mengambil si BS.
Memang ada sebagian BS yg nggak mau bantu" tapi ada juga lho yg mau,
seperti BS saya yg terakhir ini dia sangat rajin mau bantu " saya ya masak
(hanya potong" sayur), nyapu, sampai cuci baju kami (waktu PRT kami sakit)
ya ... dg catatan si baby lagi bobo' dan kerjaan dia udah selesai smua,
kalo BS yg sebelumnya cuci piring aja dia nggak mau.
Dan menurut saya BS juga nggak jamin kalo dia pasti udah trampil ngrawat si
kecil meski udah terdidik, semua kembali pada bakat dan kesukaan (pada
baby) mereka, contohnya ada beberapa temen saya yg pakai PRT utk ngrawat
baby mereka, sampai sekarang okey" aja nggak ada masalah malah mereka lebih
trampil dari BS saya yg terdahulu.
Apalagi kalo Ibu ada waktu mendidik mereka (PRT)  tersebut saya rasa itu
lebih baik, sebab dia kan menurut sesuai dg peraturan yg Ibu terapkan.
Jadi sekali lagi mengenai tugas, kewajiban, hak dan apa" aja yg BS mesti
sepakati lebih baik Ibu utarakan sejak awal pada waktu wawancara si BS agar
dikemuadian hari nggak jadi masalah.
Sorry kepanjangan.

mamanya Gabby

                    "Dwi H"

                    <babylon@centr       To:     <[EMAIL PROTECTED]>

                    in.net.id>           cc:

                                         Subject:     [balita-anda] Bisa kasih tahu
tugas,
                    02/27/01 09:25        kewajiban dan hak seorang BS?

                    PM

                    Please respond

                    to balita-anda

Selama ini saya hanya ditemani oleh seorang PRT dalam merawat iqbal (25
bulan) dan mengerjakan pekerjaan RT. Namun karena bulan depan saya akan
segera melahirkan anak yang kedua, saya pikir-pikir perlu juga nih tambahan
seorang asisten untuk merawat anak.

Tadinya akan kembali mengambil PRT biasa yang kelak akan saya didik untuk
"prigel" mengurus anak. Tapi kembali dipikir, apa sebaiknya tidak BS saja
yaa, logikanya kan dia sudah "terdidik" untuk hal yang demikian, sehingga
saya tidak perlu trial by error dalam mengambil orang.

Masalahnya saya masih rancu dengan tugas, kewajiban dan hak seorang BS. Apa
sih tugas resminya? Konon seorang BS engga mau ikut-ikut bantu kerjaan si
PRT yaa? Misal, ikutan masak or nyapu or menata kebun? Bener engga sih,
atau
ini cuma rumor negatif saja (yang kebetulan saya dapat). Memang sih selama
mengikuti milis ini, sekilas saya dapat menangkap rutinitas kerja seorang
BS. Tapi kepengen deh, kalo bisa dapat rincian yang lebih jelas, biar engga
bingung menghadapi si BS nantinya.

Mohon sharingnya yaa rekan-rekan, berhubung saya sudah dapat kandidat BS
maupun PRT (namun belum dilihat orangnya, rencananya week-end ini) dan
harus
segera bikin keputusan.

Trims dan sorry kalo kepanjangan.

Mamanya Iqbal