Dear Netters,

Udah tahu khan manfaat yogurt ?  Yang pasti membantu proses pencernaan.

Nah berhubung lagi giat ikut FC, dan dianjurkan untuk mengkonsumsi yogurt sementara
kalo bisa jangan yang pakai rasa, jadi yang plain aja (kalo mau rasa campur dengan
buah yang di jus sendiri), lalu kemarin ayah saya dengar dari salah satu radio
(mungkin sonora - karena beliau kalo di jalan selalu dengerin sonora), katanya yogurt
yang dijual di umum itu udah nggak cukup baik, bahkan bakterinya udah nggak berfungsi
maksimal, jadi sebaiknya bikin sendiri aja.

Kebetulan saya punya resepnya dan udah dicoba - oke punya dech...

Caranya :

1 cangkir susu (boleh full cream atau instant) dicairkan yang kekentalannya terserah
mau seberapa kental nanti yogurtnya, suhunya dibuat kira-kira 60 - 70 derajat C (kalo
nggak punya termometer yang seukuran itu, bisa kira-kira masih kuat kita mencelupkan
jari). Masukkan 3 sendok makan bibit yogurt, aduk hingga rata.
Lalu susu yang sudah dicampur yogurt tsb dimasukkan kedalam gelas plastik yang ada
tutupnya, dan gelas plastik tsb di simpan ke dalam termos nasi, termos nasinya di isi
dulu dengan air panas agar susu tsb tetap terjaga kehangatannya.  Didiamkan selama
kira-kira 6 jam, lalu dilihat sudah jadi belum (mengental), dan dicoba keasamannya,
kalo ingin lebih asam diamkan lagi sampai keasamannya sesuai dengan keinginan. Jangan
lupa kehangatannya harus tetap dijaga sekitar 60 - 70 derajat. Setelah cukup sesuai
dengan keinginan diangkat dan disimpan ke dalam lemari es.
Udah dech jadi yogurt buatan kita.

Nah untuk beli bibit yogurtnya saya beli di tempat yang kita tahu kalo bikinnya tanpa
pengawet.  Biasanya saya beli di Lembang - Bandung tempat jual susu murni, disitu juga
jual yogurt asli (tanpa rasa).  Bagi yang dekat-dekat dengan kantor saya (di Jl.HR
Rasuna Said Gedung Tira Lt.1), saya masih punya bibit yang saya beli di Lembang, saya
punya stock kira-kira 10 kantong @ 250 ml harganya Rp.3.000,-/kantong.  Kalo mau telp.
dulu yach...di 0816-19888-97.

Oke itu dulu sharingnya.
Bye...