From: Irene <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, March 01, 2001 6:34 PM
Subject: [balita-anda] Cara buat yogurt

Dear Netters,

Udah tahu khan manfaat yogurt ?  Yang pasti membantu proses pencernaan.

Nah berhubung lagi giat ikut FC, dan dianjurkan untuk mengkonsumsi yogurt
sementara kalo bisa jangan yang pakai rasa, jadi yang plain aja (kalo mau
rasa campur dengan buah yang di jus sendiri), lalu kemarin ayah saya dengar
dari salah satu radio (mungkin sonora - karena beliau kalo di jalan selalu
dengerin sonora), katanya yogurt yang dijual di umum itu udah nggak cukup
baik, bahkan bakterinya udah nggak berfungsi maksimal, jadi sebaiknya bikin
sendiri aja.

Kebetulan saya punya resepnya dan udah dicoba - oke punya dech...

Caranya :

1 cangkir susu (boleh full cream atau instant) dicairkan yang kekentalannya
terserah mau seberapa kental nanti yogurtnya, suhunya dibuat kira-kira 60 -
70 derajat C (kalo nggak punya termometer yang seukuran itu, bisa kira-kira
masih kuat kita mencelupkan jari). Masukkan 3 sendok makan bibit yogurt,
aduk hingga rata.
Lalu susu yang sudah dicampur yogurt tsb dimasukkan kedalam gelas plastik
yang ada tutupnya, dan gelas plastik tsb di simpan ke dalam termos nasi,
termos nasinya di isi dulu dengan air panas agar susu tsb tetap terjaga
kehangatannya.  Didiamkan selama kira-kira 6 jam, lalu dilihat sudah jadi
belum (mengental), dan dicoba keasamannya, kalo ingin lebih asam diamkan
lagi sampai keasamannya sesuai dengan keinginan. Jangan lupa kehangatannya
harus tetap dijaga sekitar 60 - 70 derajat. Setelah cukup sesuai dengan
keinginan diangkat dan disimpan ke dalam lemari es.
Udah dech jadi yogurt buatan kita.

Nah untuk beli bibit yogurtnya saya beli di tempat yang kita tahu kalo
bikinnya tanpa pengawet.  Biasanya saya beli di Lembang - Bandung tempat
jual susu murni, disitu juga jual yogurt asli (tanpa rasa).  Bagi yang
dekat-dekat dengan kantor saya (di Jl.HR Rasuna Said Gedung Tira Lt.1), saya
masih punya bibit yang saya beli di Lembang, saya punya stock kira-kira 10
kantong @ 250 ml harganya Rp.3.000,-/kantong.  Kalo mau telp. dulu yach...di
0816-19888-97.

Oke itu dulu sharingnya.
Bye...