Betul sekali apa yang disampaikan Pak Siswono.
Saya sangat salut dengan cara Pak Siswono mengajar membaca.
Memang, dengan mengeluarkan suara yang agak keras dan menunjukkan tulisan
yang dibaca akan sangat membantu anak untuk belajar membaca. Pada awalnya
memang anak tidak akan bisa mengikuti apa yang ditunjuk, dan memang bukan
utk itu tujuan utamanya. Dengan menunjukkan tulisan/kalimat itu anak akan
tahu bahwa yang ditunjuk itu ternyata ada maksudnya dan bisa ada suaranya.
Dengan demikian anak menjadi tertarik dengan huruf-huruf yang ada di
tulisan.
Seperti kata Pak Siswono, mengeja juga tidak dianjurkan karena akan
menghambat anak utk mampu menggabungkan huruf2 yang membentuk sebuah kata
dan memahami arti kata tersebut. Kita bisa mengajarkan anak tentang suku
kata setelah dia bisa membaca. Jangan dibalik !

Cuma, kalau mengajar membaca/tulisan bahasa Indonesia dan Inggris secara
bersama-sama, saya ingin mendapatkan masukan dari Pak Siswono, apakah anak
mampu segera beradaptasi terhadap tulisan yang berbeda ?
Saya pernah membaca buku yang mengatakan bahwa mengajar bahasa asing sedini
mungkin itu memang sangat bagus (dalam arti percakapan), tetapi tidak untuk
tulisan/alphabet yang sama dengan cara baca yg lain seperti bhs Indonesia
dan bhs Inggris.

Sekian.

Taufan Surana
http://infoanakindonesia.tripod.com/