-----Original Message-----
        From:   Ai Rosita [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:   Wednesday, March 14, 2001 9:12 AM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        [balita-anda] Bayi saya Menderita paru-paru
basah..!!

        Mamahnya Arsy, Sava juga mengalami seperti itu waktu dia 5 bulan,

        Hallo, selamat pagi semua..!

        Saat ini kami lagi diliputi perasaan cemas dan was-was soalnya anak
        pertama kami yang baru lahir tujuh bulan lalu divonis dokter
menderita
        paru-paru basah. Mulanya kami tidak menyadari karena kelihatannya
bayi
        kami sehat-sehat saja cuman sering sekali keluar keringat dingin
dari
        dahinya. Ada yang ingin saya tanyakan kepada ibu/bapak semua
mengenai:

1.      Apa faktor utama penyebab Bronchitis pada bayi..??
                Saya tidak tau pasti, tapi waktu itu anak saya (5 bulan)
awalnya batuk yang nggak berhenti hampir 1,5 bulan, sudah 2 DSA tapi nggak
mempan juga. Akhirnya saya bawa ke dokter ahli paru-2.

2.      Selain obat apa yang harus kami lakukan untuk membantu
penyembuhannya
                Dianjurkan agar selalu kena sinar matahari pagi, supaya
membantu perkembangan tubuhnya juga. Dan dianjurkan makan telor sehari
minimal 1 butir.

3.      Apa saja yang tidak boleh dilakukan pada bayi penderita Bronchitis
                Selama Sava minum obat dia tidak saya mandikan dengan air
biasa, selalu air hangat. Malah kalau lagi agak panas sedikit aku cuma lap
aja dengan air hangat.

4.      Berapa lama masa penyembuhan untuk bayi penderita bronchitis
                Tergantung dari kondisi anak. Waktu itu saya disarankan 1
tahun untuk minum obat. Tetapi dikasih resep untuk 6 bulan dulu dimunum
sehari 1 kali tidak boleh lupa, cek up lagi dan alhamdulillah sembuh, jadi
obatnya tidak diteruskan.

5.      Apakah bronchities ada effek samping terhadap perkebangan bayi..?
                Untuk Sava iya, jadi susah makan, perkembangannya terlambat,
sempet khawatir juga waktu itu. Karena Sava baru bisa tengkurang pada usia 6
bulan.

6.      Kalau tidak segera diobati hal apa yang mungkin terjadi...??
        Mungkin ya itu perkembangannya lambat. Menurut saya segera diobati
deh Bu'... kasian si kecil. Waktu itu aku berobat ke Dr. Pradono di daerah
Kp. Melayu. Alhamdulillah  Sava cocok disana. Waktu pertama kali berobat,
tadinya tidak boleh karena usia Sava belum 1 tahun, tapi aku bilang sudah 3
DSA tapi nggak mempan, akhirnya boleh juga....Dan dia juga bilang kalau di
rs besar mungkin akan langsung dibersihkan paru-2nya, tapi karena usia Sava,
dia malah nggak kasih Sava untuk ke rs. Coba minum obat dulu, lihat
perkembangannya selama 6 bulan kedepan. Dan sekarang usia Sava 1,7 bulan
sudah lari-2an dan sekarang lagi seneng niru omongan orang... mudah-2an sih
perkembangannya tidak telat lagi.....
        Segitu aja sharing pengalaman saya semoga bermanfaat.

        Irma - bundanya Sava

        Sekian pertanyaan kami mungkin ada yang bisa bantu menjawabnya

        salam,
        Mamah Arsy

http://www.indokado.com <http://www.indokado.com>
<http://www.balita-anda.indoglobal.com>