Bu Teny,
Dari pengalaman saya, anak kalau sudah dudk tegak sudah bisa dilatih pakai sedotan.
Mulanya iya bingung, terus lama-lama kita bilang "sedot nih gini kaya ibu, srrrt
- srrt" sambil kita peragakan. Akan lebih baik  lagi kalau kita sering-sering
minum pakai sedotan di dekatnya, anak kan paling cepet meniru. Memang perlu
kesabaran ekstra, dan tiap anak beda, anak-anak saya yang perempuan begitu bisa
menghisap sedotan terus bisa menelannya, sedangkan si bungsu yang laki meski
sudah pintar menyedot tapi masih sering bingung, habis itu diapain. Bukannya
ditelan malah disemburkan lagi. Jadi tiap acara belajar menyedot, tiap ganti
baju. Tadinya mau saya latih untuk minum susu tambahan (tadinya full ASI), jadi
deh Magmagnya cuma saya isi air putih. Ini berlangsung berbulan-bulan lho, Bu.
Jadi memang  perlu sabar.
Kalau anak ibu enggak mau Magmag karena mirip dengan botol susunya, ya lebih
baik, jadi bisa langsung dari gelas biasa plus sedotan, atau dari susu/sari
buah kemasan kotak. Kalau takut berhamburan dan kotor/lengket seperti si bungsu-nya
saya, coba pakai air mineral dalam kemasan dulu, paling cuma basah.
OK, selamat mencoba,..
Ambu-nya Devina, Diva, Daffa

Gimana yach ngajarin anak minum pake sedotan ?? padahal anak saya