1. jangan berpikiran ASInya sedikit teruskan saya susuin via, makin sering disusuin
ASI selalu berproduksi, produksinya berkurang lantaran anak sedikit minum ASI, kalau 5
menit menyusui saya kuatir anak kurang minum ASI. makan-makanan yang bergizi yang bisa
memperbanyak ASI, minum susu, jangan takut bakalan gemuk, dan jangan dulu berpikiran
untuk menyusui sampai 6 bulan saja jangan sampai saat 6 bulan ASInya benar-benar
berhenti dengan sendirinya, jalanin aja siap tahu sampai 2 tahun masih bisa menyusui.
seorang ibu itu dapat anugrah untuk memberikan makanan terbaik buat anaknya, jangan
disia-siakan. dan yang penting jangan setress. kita memang tidak bisa menghindari
masalah tapi jangan stres, coba atasin. sering-seringlah pandang bayinya dengan penuh
sayang karena hal itu akan membuat produksi hormon prolaktin bertambah jadi otomatis
ASI akan terus berproduksi. Kalau anaknya 5 menit nyusu terus tidur, coba bangunkan
(mungkin anak tipe penidur), atau kalau sudah menyusui, kosongkan payudara dengan cara
diperas, soalnya payudara yang kosong akan berproduksi kembali.
2. masalah menjilat tangan, anak saya juga seperti itu dibulan pertama kelahirannya.
mingkin lagi eksplorasi lingkungan tapi lama-lama hilang sendiri, jangan khawatir.
3. kayaknya kalau berjemur nggak ada batasan usia. kita aja masih boleh berjemur kok,
enak kok berjemur matahari pagi. Waktu terbaik untuk berjemur maksimal sampai jam 9
pagi. Kalau bayi baru lahir terutama yang kuning bisa dijemur agak lama tapi biasanya
bayi lain paling 1/2 jam, bajunya sebaiknya dibuka, tapi kelamin, mata dan pusar
ditutup. saya punya pengalaman anaknya kuning sampai 13.7 dan waktu disinar mata
ditutup, pusar ditutup dan kelamin pake popok. anak saya disinar selama 2 hari sampai
derajat kuning 7.
maaf ya kepanjangan, semoga berguna
salam
rita
>>> 1. Air susu saya sekarang sudah mulai berkurang (

"A room without books is like a body without a soul."
-- Marcus T. Cicero