Rekan netters…
Sehubungan dengan kejadian di RS MMC saya ingin sedikit memberi tips untuk rekan2
yang "terpaksa" membawa anak/bayinya ke RS untuk kasus emergensi. (agak terlambat
karena saya kesulitan akses internet untuk beberapa lama)

1.      Keadaan kesehatan anak merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dengan proses
tumbuh kembang anak tsb sejak lahir, sehingga usahakanlah untuk tidak sering
pindah2 dokter dan tempat berobat. Bila harus pindah, catatlah kejadian atau
hal2 penting yang perlu untuk diketahui dokter berikutnya, misal adanya riwayat
kejang, alergi obat. Lebih baik bila sejak awal dimanapun anak kita berobat
dan imunisasi kita catat bila ada hal2 penting.
2.      Untuk persiapan bila ada keadaan emergensi, tanyakan DSA langganan bagaimana
menghubungi dia atau bila tidak bisa dihubungi, referensi rumah sakit dimana
DSA itu bisa merawat anak kita.
3.      Bila kita harus ke RS yang belum pernah kita kenal
à       Perlu diketahui bahwa hampir tidak ada RS yang dokter jaga (malam)nya adalah
dokter spesialis termasuk DSA (yang saya tahu  RS dimana DSAnya jaga hanya RSAB
Harapan Kita, itupun hanya untuk bagian bayi baru lahir), tapi umumnya selalu
ada DSA yang  jaga on call.
Jadi tanyakan adakah DSA jaga on call tsb.
à       Bila tidak ada DSA yang kita tahu di RS itu dan tidak ada pula DSA on call
nyatakan bahwa kita ingin dirawat oleh DSA yang bisa dihubungi / dikonsul mengenai
keadaan anak kita malam itu juga.
Bila hal tersebut tidak bisa kita dapatkan pada saat emergensi rasanya lebih
baik tidak usah lagi kita ke RS itu. Karena berarti manajemennya RS itu memang
buruk, paling tidak untuk bagian pediatrinya. Sebab anak itu bukan manusia dewasa
dalam bentuk kecil, keadaan sakitnya serta penanganannya - apalagi dalam kasus
emergensi - umumnya harus lebih agresif. RS yang baik harus mengerti hal ini.

Salam,
Eka