Dear Sania,

katanya sih :" A healthy young woman having sexual intercourse two or more
times
a week without using any method of contraception has a 90 percent probability
of conceiving a child within 12 months."

Kadang2 yang menjadi penyebab tertundanya kehamilan adalah stress dari
pasangan itu sendiri, bisa juga stress karena terlalu ingin punya anak. atau
badan terlalu capek.
Kalo memang sudah bener prediksi masa suburnya, selebihnya tinggal tenang dan
berdoa semoga Tuhan memberkati 'usaha' bulan ini...he-he-he...
Utk. masa subur, bisa dideteksi dgn. beberapa cara :
- beli alat tes (spt Pak Roi bilang)
- kalo haid selalu teratur, biasanya 14 hari sebelum haid berikutnya adalah
waktu ovulasi. Jadi kalo setiap haid 28 hari, maka ovulasi berada di hari
ke-14, dihitung sejak hari pertama haid. Kalo siklusnya 30, berarti hari
ke-16. Nah, kalo tidak teratur, bagaimana memprediksikan kapan ovulasi ?
Ada beberapa cara :
- ukur temperatur setiap hari (sejak berhenti menstruasi), lebih tepat kalo
temperatur vagina, pada jam yg. sama setiap hari. Lebih baik lagi kalo pas
bangun tidur, belum sarapan, belum beraktifitas dllnya. Lalu di-plot di kertas
grafik, pada saat temperatur meningkat sedikit (bisa 0.5C), kemungkinan besar
terjadi ovulasi.
- perhatikan sekresi vaginal (mucus) setiap hari. Sejak selesai menstruasi,
jenis sekresi akan berubah dari mulai kering, lengket (sticky), creamy, sampai
pada puncak masa subur, akan berbentuk licin bening spt. putih telur.

Ada software yg. memprediksikan masa subur. dgn. cara memasukkan data2 tsb. di
atas. Jadi kita nggak perlu gambar grafik sendiri, dllnya. Tapi ya tetap
temp-ing setiap hari, dan masukkan data bagaimana bentuk sekresi vaginalnya
saat itu.
Kalo mau coba, bisa download di : www.lifecyclesoft.com.

Salam,
Rien.