Pak Bimo,
memang menjadi dilema buat orang tua sekarang, antara membiarkan anaknya
melewati masa TK dengan bermain dan berteman, spt. lagu Taman Kanan2 dulu itu,
dengan harus menjawab 'tuntutan zaman', bahwa lulus TK anak harus bisa
membaca, berhitung, menulis. Anak TK sekarang sudah belajar operasi himpunan,
loh...
Terus terang, saya hanya melihat komputer dan bhs, Inggris di TK itu sebagai
variasi belajar saja (dan nilai saing antar TK satu dan lainnya). Kalo jaman
dulu kita mewarnai dengan crayon dan kertas, sekarang bisa dilakukan di
monitor tinggal klik-klik doang...  Kalo dulu nyanyinya "Kalau hatimu senang,
tepuk tangan...", sekarang diajarkan "If you happy in your heart clap your
hands... ". Lagunya ya itu-itu juga...:-) Saya nggak yakin mereka diajarkan
perbedaan dan alasannya, mengapa utk. bag, pakainya a bag, untuk apple itu an
apple...
Kalo berhitung, menulis dan membaca, rasanya apa boleh buat. Karena SD
sekarang memang maunya begitu... anak harus sudah bisa pada saat mereka masuk
SD. Bhs. Inggris tentu perlu buat generasi anak2 kita, sehingga mereka tidak
spt. generasi kita atau ortu kita, yg. banyak kehilangan kesempatan belajar,
karena tidak menguasai bahasa asing di buku2 LN. Tapi tidak melulu harus lewat
sekolah. Lebih efektif kalo di rumah kita yg. memperkenalkannya ke anak. Sama
halnya dengan cara kita belajar bhs. daerah, dari rumah juga, kaan...?
Di bawah ini ada puisi, dari TK-nya anak teman saya. Diberikan buat ortu murid
pada masa orientasi. Ternyata di US, orang juga masih perlu diyakinkan, bahwa
bermain itu adalah belajar juga.

Selamat membaca,
Rien.
--

PLAY TODAY

You say you love your children
and are concerned they learn today.
So am I, that's why I'm providing
a variety of kinds of play

You're asking me the value
of blocks and other such play?
Your daughter's creating a tower;
She may be a builder someday

You're asking what's the value
of having your children play?
Your children are solving problems
They will use that skill everyday.

You're asking you don't want your son
to play in that "sissy" way?
He's learning to cuddle a doll
He may be a father someday.

You're questioning the interest centers
They just look like useless play?
Your children are making choices
They'll be on their own someday.

You're worried your children aren't learning
and later they'll have to pay?
They're learning a pattern for learning
For they'll be learners always.