Dear netters yth, saya mau ikutan sharing pendapat. Sebelumnya maaf
     kalau response-nya terlambat.

     Menurut saya TK seharusnya adalah tempat untuk bermain &
     bersosialisasi, kalau pun ada belajar, belajar tersebut harus tercakup
     dalam bermainnya. Bukan menjadi segmen yang terpisah.
     Saya pernah baca di majalah newsweek, di US masih dianggap wajar anak
     kelas 1-2 SD belum bisa membaca, jika kelas 3 belum bisa baca, baru
     dianggap bermasalah. Tapi kenapa dengan 'standar' seperti itu US bisa
     maju? Karena begitu anak bisa baca, mereka diberikan bacaan & sistem
     pendidikan yang bagus.
     Tapi memang susah juga disini, SD-SD sekarang (terutama yg ngetop),
     banyak yg mensyaratkan anak bisa baca sebelum masuk. Padahal mestinya
     itu tugas mereka mengajar mambaca.
     Anak saya sekarang di play group,  1 thn lagi masuk TK, dan sekarang
     saya sudah cari2 TK yang kalaupun ada belajar bhs inggris, komputer,
     membaca etc, diberikan dalam bentuk bermain. Bukan duduk dikursi
     melihat pelajaran ke papan tulis (ternyata sulit -di Bogor- cari TK yg
     spt itu).

     Itu saja sharing saya, bagaimana yg lain.

     btw, poem dari mbak Rien bagus sekali. Yang seperti ini lebih
     memberikan "pencerahan" dibandingkan berlembar-lembar artikel atau
     seminar. Thx.

     Salam, Rifqi A.