Dear Pak Taufan,

Email anda bagus sekali dan saya setuju 200%, bahwa yang mendorong
kecerdasan anak itu sebenarnya adalah stimuli yang melibatkan kelima faktor
seperti yg bapak sebutkan, yaitu :
1. Stimulasi perkembangan emosi.
2. Stimulasi perkembangan fisik melalui kebiasaan dan rutinitas.
3. Stimulasi perkembangan fisik melalui koordinasi gerakan kasar dan halus.
4. Stimulasi perkembangan indera.
5. Stimulasi perkembangan bahasa/komunikasi.

Sebenarnya juga, alat bantu untuk menciptakan stimuli tersebut tidak semata2
harus dibeli apalagi dgn harga mahal. Tetapi bisa kita ciptakan sendiri,
dengan bantuan text book yg sesuai.

Kalau saya perhatikan banyak lho ibu2 yang salah kaprah. Misalnya jor2an
membeli mainan mahal, menyekolahkan ke sekolah mahal atau menjejalkan
makanan bergizi sebanyak mungkin dengan harapan anaknya jadi cerdas.
Tentunya hal itu tidak salah ya, tetapi di lain pihak kalau ibunya tidak
pernah berinteraksi dengan anaknya, melalui kelima hal diatas itu saya
sangsi sang anak bisa cerdas dengan sendirinya.

Pak TAufan, ngomong2 punya referensi tentang anak yg agresif ? boleh dong
bagi2 ..

Salam,
Vivi