Pa' Cahyo,
Utk perlengkapan yg akan dibawa saat akan melahirkan sebaiknya sdh disiapkan jauh"
hari agar tdk
kebingungan pada saat si ibu udah mulai terasa.
Biasanya perlengkapan itu dimasukkan dalam 1 tas yg siap dibawa sewaktu".
Utk isinya bisa disiapkan baju yg ada bukaan depannya, kain panjang/sewek, bra utk
menyusui,
gurita/bengkung si ibu, cd, pembalut khusus, breast pad, handuk, sabun mandi, sisir,
minyak kayu putih
(hanya segitu Pa' yg saya ingat mungkin netter yg lain bisa menambah ...).
Kalo utk keperluan si kecil bisa dibawakan gurita, baju, popok, sarung kaki&tangan,
kerpus/topi, kain
bedong dan selimut.Itupun akan dipakai si kecil pada waktu pulang, selama di RS dia
akan memakai semua
perlengkapan yg disediakan oleh RS.
Mengenai apa yg didapet dari RS yg udah termasuk biayanya saya rasa masing" RS berbeda
tapi kebanyakan
sama kok, saya dulu dapet pembalut & minyak kayu putih utk saya sdg anak saya dapet
minyak telon, baby
oil, botol susu, susu, pampers, alkohol, boorwater, kasa steril, salep, tas kecil
(segitu yg saya ingat
...).
Segitu dulu dari saya mungkin bisa membantu, selamat jadi ayah ...

Rgds, Mamanya Gabby