Saya mau share dari apa yang pernah saya dengar dari obrolan dikalangan
ibu2.
Yang pro dengan ngempeng beralasan sbb:
1. Ngempeng tidak menyebabkan gigi tonggos (info dari DSAnya asal tidak
lewat 5 thn)
2. Ngempeng membuat rasa gatal karena gigi mau tumbuh teratasi
3. Lebih higienis daripada bayi memasukkan benda lain yang tidak jelas
kedalam mulut atau mengigit-gigit benda yang beracun lainnya.

Yang kontra:
1. Takut gigi anak tonggos
2. Kesannya kotor, manja, bodoh
3. Pendapat orang tua

Saya sendiri pernah membaca dari sebuah situs ttg balita bahwa untuk
mengatasi rasa nyeri saat gigi bayi akan tumbuh, empeng anak bisa
disterilkan lalu dimasukkan dalam kulkas agar dingin sehingga saat di
gigit-gigit oleh anak dia merasa nyaman.
Kalau menurut saya sih sebaiknya terserah si anak. Keponakan saya tanpa di
paksa/dengan sukarela dia membuang empengnya dan berhenti ngempeng pada usia
3 tahun. Karena lingkungannya juga sih.

Sekedar informasi saja: di Perancis, bayi ngempeng itu adalah hal yang
sangat lumrah bahkan menurut yang pernah tinggal di sana, di sekolah2/tempat
penitipan balita selalu tersedia box penyimpanan empeng. Hampir tiap anak
ngempeng sehingga dot empengnya di beri nama. Pulang sekolah mereka ambil
empeng mereka lagi. Hampir setiap apotik menjual empeng dengan berbagai
ukuran dan design. (Sedangkan image dari anak yang ngempeng di Indonesia
kurang baik ya bu? Jadi?? :))

Segitu saja share dari saya.