Saya punya pengalaman yg lucu (mengharukan..?) berkaitan dgn masalah ini.
Sewaktu usianya 2 thnan, Mia, anak pertama saya juga selalu begitu. Setiap
saya mau pergi kerja, apalagi hari Senin (stl libur beberapa hari), pasti
aja perlu usaha keras utk menenangkannya. Setiap saat saya selalu memberi
pengertian bahwa saya pergi kerja utk kebaikannya juga, saya bilang, mama
kerja utk Mia juga, buat sekolah Mia, beli baju, mainan, jalan2, dllsb dan
semuanya itukan perlu duit. Trus dia pasti bilang, biar papa aja yg kerja,
ma... Saya jawab, kalo' papa aja yg kerja, uangnya nggak cukup, Mia 'kan
permintaannya banyak, nanti kalo' mama di rumah aja, Mia nggak bisa minta
macem2 lagi. Trus, dia diem aja.. mungkin mencerna perkataan saya... Eh..
besok2nya, tanpa nangis dan merengek, kalo' udah ngeliat saya mau mandi atau
pakaian, langsung aja dia cegat saya dan bilang, mama.. Mia nggak usah
jalan2 ya.., Mia nggak mau minta mainan banyak2, Mia nggak mau apa2, tapi
mama nggak usah kerja ya...?
Duh rekans..., hati ibu mana yg tidak terharu biru mendengarnya... dia rela
menggantikan segala keinginannya dgn keberadaan saya di dekatnya selalu...
Tp dgn pengertian2 yg selalu kami berikan (mungkin juga sesuai dgn
perkembangan umurnya), Mia (3th 8bl) jadi jauh lebih 'dewasa' skrg. Malah,
kalo' adiknya (1th) nangis melihat saya dan suami pergi kerja, eh.. malah
dia yg membujuk... dek Rafi.. jangan nangis ya... mama sama papa mau cari
duit buat kita, katanya... Jadi ritual sbl berangkat kerja selalu dilepas
oleh 2 anak saya, cium tangan dan pipi tanpa tangisan marah (temper tantrum)
lagi...

Buat mbak Mercy,
Anak 3 thn biasanya sudah mengerti kalo' kita ajak ngomong, coba memberi
pengertian tidak hanya saat akan pergi kerja. Kalau saya, biasanya di saat
sdg bersenang2, sambil baca buku cerita, sdg main/jalan2, etc. yg penting di
saat hatinya sdg senang. Biasanya di saat itu dia mau mengerti, tp saat kita
akan pergi kerja ya.. ngulah lagi, nah.. saat itu biasanya saya selalu nagih
janjinya, saya bilang, katanya Mia nggak mau nangis lagi kalo' mama pergi
kerja, koq skrg nangis juga, pdhal Mia 'kan udah janji nggak cengeng lagi
(sambil ditambah embel2, mama nggak senang/sayang dgn anak pembohong, dst).
Nah, kalo' udah begini anak saya biasanya langsung reda tangisnya. Coba deh,
mbak.. memang menghadapi anak2 perlu berjuta kesabaran, apalagi model anak
sulit (spt anak saya), tapi dgn kesabaran, Insya Allah lama2 temper
tantrumnya hilang sendiri.
Semoga berhasil...

Wassalam,
Mama Mia&Rafi.