Saya punya pengalaman, ketika anak saya (Acha, 22 bl) saat usia 10 bulan..
dia lepas sendiri empengnya.
Biasanya dia kalo mau tidur ngempeng dengan olesan madu.
Tapi saat itu giginya mulai tumbuh dan dia suka gigit.. termasuk empengnya
sampe bolong.
Lalu kalo mau tidur... setelah madu habis ... dia lepas sendiri empengnya
itu.. mungkin krn bolong jadinya nggak enak kali ya... jadi dia cuma isap
madu aja... tdk seperti waktu belum bolong.. dinikmati sekali sampe tidur.

Dan aku tdk membelikan empeng baru. Jadi, aku punya usul.. kalo si kecil
belum punya gigi... atau empeng nggak bolong... ya.. kita coba bolongin aja
dikit.. kan dia ngerasain nggak enak tuch... kali aja bisa...

atau ... coba aja .. empengnya dikasih sesuatu.. biar rasanya agak lain....
apalagi kalo si Kecil udah bisa diajak ngomong

gitu aja deh.. sorry kepanjangan

disampaikan oleh saya di alamat :