----- Original Message -----
From: "Debby" <[EMAIL PROTECTED]>

> saya mau tanya mengenai pispot nih,
> 1. biasanya usia berapa anak dikenalin dg. pispot sblm ke kloset
> sebenarnya ?
kayaknya saya dulu sekitar 1.5 tahun mulai diajak teratur pipis ke toilet
tiap 2 jam sekali. Saya nggak pake pispot, karena mikirnya repot harus
membuang kotoran ke klosetnya. Jadi cuma pake alas duduk utk. kloset duduk.
Lebih gampang, karena tiap mau dipipisin / BAB tinggal ambil alas duduknya,
dan dipasangkan ke kloset kita.

> 2. bgmana memancing anak spy mau pipis/pup di pispot ?
waa...ini saya nggak tau karena nggak pake pispot. Tapi kalo ngajakin ke
kamar mandi, yaa... dibilangin aja kalo sekarang kan sudah besar, jangan
ngompol lagi. Harus ke toilet pipisnya. Mula2 pasti banyak 'kecelakaan',
karena masih susah menahan pipis. Kalo pup, biasanya saya perhatikan
ekspresinya. Kalo kelihatannya sedang 'tegang' berarti sedang ada keinginan
utk. pup. Cepet2 dibawa ke WC. Tapi susahnya, kalo sama pembantu atau BS,
mereka kurang peka dgn. perubahan ekspressi anak. Jadi program toilet
training suka keteteran...

> 3. pispot ini biasanya dijual dimana ya ? merk apa aja ?
> soalnya udah keliling nyariin kok ngga ketemu ya...?, apa kotaku ini
terlalu  kampung kali yaa....
He-he... bu Debby. Nggak usah pake merek2 terkenal, karena yg. ada cuma
mahalnya doang. Utk. toilet seat anak2, yg. merek Chicco itu bisa 75rb (kalo
nggak salah inget), sementara bentuk dan fungsi yg. sama, tapi nggak merek
terkenal, bisa cuma 25rb ! Kalo toilet seat, di Jakarta ada juga dijual di
supermarket. Kalo pispot utk. anak2, banyak pilihannya di Mangga Dua...

> oya, saya sebenarnya udah nyobain sikecil (22 bl) utk pipis di kloset, tp.
blom pernah berhasil, malah sibuk main air.... brrr, kan dingin ya..., takut
> lama2x masuk angin. Jadi kalo pipis/bab masih suka dicelana, kalo udah
selesai baru bilang pipis atau ek-ok.
Coba aja diperhatikan pipis terakhir jam berapa, lalu nanti kira2 jam berapa
pipis laginya. Nah, dari pola2 spt. ini ketahuan, rata2 pipisnya sekali
berapa lama. Sebelum waktunya, kita bawa ke kamar mandi, lalu dipercikin air
ke kemaluannya, dan air keran dikocorin. Biasanya anak terangsang utk.
pipis...

Semoga berhasil, yaa..., dan selamat merencanakan anak ke-2...:-)

Salam,
Rien.