Pak Budi,
Sebelumnya selamat ya atas kelahiran putranya semoga
jadi anak yang shaleh.
Lekosit (darah putih) itu gunanya menjaga tubuh dari
serangan penyakit. Kalau ada infeksi maka si darah
putih memperbanyak diri untuk 'melawan' bibit penyakit
tersebut. Karena itu kalau kadar lekosit tinggi
berarti dalam tubuh sedang ada serangan penyakit.
Tindakan dokter memberikan antibiotik adalah usaha
untuk memperkuat tubuh dalam melawan penyakit dan
mencegah infeksi sekunder, meskipun secara khusus
belum diketahui apakah infeksi tersebut disebabkan
oleh bakteri atau virus.
Ketuban yang bocor/pecah sebelum bisa menyebabkan bayi
terkena infeksi dari luar, karena 'balon pengamannya'
sudah rusak makin lama ketuban sudah pecah sebelum
bayi lahir, maka makin besar kemungkinan bayi terkena
infeksi. Selain itu jika di jalan lahir ada bakteri
maka bayi bisa terkena dengan kondisi yang namanya
Sepsis
Mudah-mudahan dengan tindakan pencegahan ini anak
bapak cepat stabil kondisinya ya.

Mamanya Dafi