From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, November 30, 2001 6:15 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: Halal_baik_enak>>> RE: ikan asin

Assalamau'alaikum Wr. Wb.

Ini adalah masalah besar yang kita hadapi.  Benar bahwa dalam
pembuatan ikan asin kadang-kadang nelayan menggunakan Baygon untuk
membunuh serangga khususnya lalat dan belatung.  Hal ini karena sulit
sekali mengontrol lalat dan belatung ini, khususnya jika sinar
matahari kurang maka belatung mudah tumbuh.  Selain itu, pada waktu
penjualan juga kadang si penjual juga menyemprotkan Baygon.  Ini
tentu saja berbahaya karena Baygon kan racun bagi tubuh manusia.
Perlu ada jalan keluar.  Kami pernah mengusulkan suatu penelitian
untuk mencari bahan pengganti Baygon ini, tapi sayang ditolak, tidak
diberi dana.  Alternatif yang bisa bisa saya usulkan adalah
menggunakan semacam kelambu pada waktu penjemuran, tapi ini akan
menambah cost yang mungkin si nelayan tidak mampu menyediakannya.
Disamping itu perlu ada penyuluhan akan bahaya penggunaan Baygon
karena bisa jadi mereka tidak mengerti sementara di sisi lain mereka
butuh uang untuk hidup sekedarnya.

Wassalam Wr. Wb.

Anton Apriyantono

-----------------Quoting previous message:-----------------

>       Ass Wr wb,
>       maaf Pak Anton Attachment tdk terkirim,saya singkatkan saja
sbb
>       menurut salah satu pejabat di bea cukai ,bahwa pembuatan ikan
asin ,
>       untuk permulaanya saat akan dijemur ,disemprot dulu dengan -
>       baygon,menurut pengrajin ikan asin penyemprotan tsb
ddilakukan agar

>       ikan asin pada saat penjemuran tdk dihampiri
serangga,bagaimana ini
>Pak
>        ,memang ini tdk ada kaitan nya dg kehalalan makanan,tapi tdk
toyyib

>       saja.mohon klarifikasi dari bapak. wass.
>
>Mohon agar dapat mempromosikan milis ini pada kerabat/ saudara yang
anda sayangi dengan mem-forward diskusi milis ini atau menyarankannya
untuk bergabung dengan mengirim email kosong ke halal_baik_enak-
[EMAIL PROTECTED]

>Jika anda peduli dengan sosialisasi produk halal dan ingin
mengkonsumsi produk-produk yang halal, silahkan kunjungi
http://www.indohalal.com/

>To unsubscribe from this group, send an email to:
>[EMAIL PROTECTED]
>

>Your use of Yahoo! Groups is subject to

Universal Inkjet Refill Kit $29.95
Refill any ink cartridge for less!