Pak Taufan / Pak Ridwan,

Menurut pengalaman saya, apabila bayi baru lahir tidur mendengkur, itu wajar
saja, karena dulu Haekal (BB lahir 3.25kg), kalau tidur juga mendengkur.

Pak Ridwan ada benarnya juga, karena orang tua saya pun dulu berpendapat,
mungkin tenggorokannya belum bersih, jadi masih harus disedot ulang?.

Waktu itu, berbarengan dengan Imunisasi pertama Haekal, saya menanyakan pada
DSAnya (Dr. Rudi Sutadi di JMC) ttg nafas Haekal yg berbunyi dan tidurnya yg
ngorok, seingat saya Dr. Rudy hanya mengatakan hal ini biasa, karena bayi
baru lahir harus banyak beradaptasi dengan suasana di sekitarnya.

Waktu itu Haekal sempat dikasih obat puyer + Bisolvon Drop, karena lendirnya
tidak terlalu banyak. Menurut DSAnya kalau lendirnya bertambah banyak
mungkin harus di Uap.

Sekarang alhamdulillah Haekal sehat dan lincah. Saran saya mungkin pak
Ridwan harus mencoba DSA lain, untuk mencari pendapat kedua dan menentukan
apa yg harus dilakukan terhadap putra/i nya.

Maaf kepanjangan, mudah-mudahan berguna.
Nenden Siti Maryam
PT. Thiess Contractors Indonesia
Telp. +62 21 7599 9924
Facs. +62 21 7599 9807