        From:   watini [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:   Thursday, January 17, 2002 1:46 PM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        RE: [balita-anda] Operasi Bayi

        P' Chandra,

        Mohon maaf mungkin saya telat sharing yang hampir sama dengan
masalah putri
        Bapak,
        1 bln yl keponakan saya (pr. 3 bln) juga habis dioperasi,
berdasarkan
        informasi yang saya
        dapatkan gejala awalnya, masuk angin, berak-berak dan bercampur
dengan
        sedikit darah,
        hal ini berlangsung +/- 3 hr, yg lebih mengkuatirkan dicelananya
sering
        basah warna merah
        seperti mens, akhirnya dibawa ke RS. Tegalyoso Klaten. Berdasarkan
        pemeriksaan dan keputusan
        dokter akhirnya dioperasi dengan dipotong ususnya (saya tidak tau
pasti
        seberapa panjang yang
        dibuang) dan disambung kembali, setelah dioperasi keadaannya lebih
baik
        dibanding sebelumnya.
        Dia sudah tdk berak-berak/spt mens. Suster jaga saya tanya (via
telp.)
        katanya ada usus yang
        melintir, ada yang ngasih istilah nasi pagi (seingat saya, sebab
istilah ini
        juga baru saya
        dengar), ada yang mengatakan usus kecil masuk ke usus besar. Namun
ketika
        ibunya sendiri tanya
        ke dokter yg menangani putrinya akan penyebab utamanya ;pemberian
makanan
        dan ketika bayi berak2/mencret dipijat/diurut.  Alhamdulillah,
sekarang ini
        kondisinya sehat, hanya jika lihat perut bekas operasi jadi ngeri
        ngebayangin dan kasihan masih sekecil itu sudah dioperasi.
        Apalagi sebelum operasi anaknya sudah belajar tengkurap, jadi
setelah
        operasi memang benar2
        dijaga tidak boleh lama2 tengkurapnya, kuatir akan bekas jahitannya.

        Semoga putri Bapak sehat dan lebih baik dari kemarin,