Mbak Tiara ..berdasarkan pengalaman saya memang anak2 yang lahir dibawah
bulan September,Oktober,november ,desember biasanya memang akan menemui
kesulitan diwaktu akan mendaftar ke sekolahnya ...
kesulitan disini bukan karena kemampuan anak tsb loh tapi karena kurikulum
di Indonesia memasang minimum umur masuk sekolah.

misalnya :
anak saya lahir bln Oktober '99
berarti oktober 2002 memasuki umur 3 thn, dimana biasanya 3 thn usia untuk
Play-group.
nah ada sekolah yang mematok umur saat masuk play group pada bln juli harus
sudah 3 thn tidak boleh kurang atau kalopun ada diberi kelonggaran 3 thn s/d
bln Agustus.
nah untuk anak yang lahirnya September s/d Desember tentunya tidak bisa
disekolahkan pada tahun ini, tapi jadi mundur tahun depan...jadi rugi waktu
kaaan...mundur 1/2 thn...  disitulah letak "sulitnya" anak yang dilahirkan
bulan2 tsb...

Tahun ini teman anak saya tidak bisa diterima di salah satu sekolah favorit
krn diantaranya tidak memenuhi persyaratan umur,,karena lahir di akhir
Oktober....

Alangkah bijaksananya sekolah apabila menerima seorang murid yang tidak
hanya terbatas "umur" tapi berdasar kemampuan anak tsb.....Jadi walaupun 2.5
thn asal kemampuan anaknya sama dengan yang usia 3 thn,,,ya mbok ya bisa
masuk sekolah tsb..

nah untungnya saya mendapatkan sekolah yang tidak hanya melihat dari segi
umur tapi juga dari kemampuan anak tsb.

ma'af klo kepanjangan ceritanya..mungkin netters lain ada yang mau
menambahkan ../sharing...

Cheers
*Rini
mamanya Salsa