Wah.... saya baru sekali ini mendengar statement seperti ini. Setahu saya adalah hal
itu wajar saja. Hanya memang ada teori yang menyatakan bahwa perkembangan anak akan
dianggap lebih sempurna bila dia berhasil melakukan semua tahap perkembangan yang ada
(termasuk kemampuan motoriknya).\

Selain itu banyak juga anak yang punya cara lain (selain merangkak) yang perkembangan
selanjutnya tidak menunjukkan kelainan syaraf sama sekali. Lebih jauh, perlu
ditanyakan "ketidaknormalan" syaraf itu ada batasan umurnya atau tidak ? Bila memang
ada dan sudah melewati batasan itu, nah...mungkin itu yang perlu kita waspadai...

Anak saya 9,5 bulan selama ini ngesot dan baru mulai sedikit-sedikit merangkan. Dan
itu saya tanyakan ke DSA saya, katanya OK aja kok....

Warm Regard

Arif Wibowo