nih artikelnya, maaf rekan netters.

Mengenal Gejala Dini Bayi Autisme

satuwanita.com - Ketidakmampuan mengenali wajah anggota keluarga sejak usia setahun
merupakan pertanda tidak normalnya perkembangan otak yang khas ditemukan pada autisme.
Ini terungkap dari studi yang dilakukan peneliti dari University of Washington di
Seattle, Amerika Serikat, baru-baru ini, yang dipresentasikan di Minneapolis,
Minnesota, dalam pertemuan Society for Research in Child Development baru-baru ini.

Menurut peneliti ini, kemampuan seorang anak mengenali wajah seseorang merupakan salah
satu dari sekian banyak tes autisme. Tes semacam ini tetap dapat dilakukan terhadap
bayi meskipun usianya masih sangat muda. Perilaku lain yang dapat diamati ialah
gerakan-gerakan tubuh, seperti menunjuk dan memperlihatkan, serta memutar tubuh ke
arah suara yang memanggil nama bayi tersebut.

Menurut peneliti, semua perilaku ini terbukti dapat membedakan bayi berusia 12 bulan
yang kemudian hari ternyata diketahui menderita autisme dari bayi normal dengan usia
yang sama.

Sekarang ini, anak-anak tidak menjalani pemeriksaan dalam hal gangguan perkembangannya
sebelum mencapai usia sekitar 3 atau 4 tahun. Karena itu, apabila autisme ini dapat
terdeteksi sangat dini, orang juga tentu dapat mengatasinya lebih awal.

Soalnya, pada usia dini, otak masih mengalami proses perkembangan dan mudah dibentuk.
Kemungkinan besar langkah ini dapat memberi hasil yang lebih memuaskan bagi anak-anak
yang menderita autisme.

Menurut studi tersebut, otak penderita autisme yang telah berusia 3-4 tahun
memperlihatkan aktivitas yang sama ketika anak itu melihat gambar ibunya sendiri atau
gambar orang lain. Akan tetapi, gambar mainan kesukaan anak tersebut akan memicu
aktivitas otak yang berbeda dari gambar mainan yang tidak dia kenal.

Memang, tanda-tanda autisme ialah ketidakmampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan
orang lain dan kecenderungan menyenangi benda-benda mati. Sebaliknya, menurut tim ini,
kelompok anak yang sehat dan kelompok anak yang mengalami keterbelakangan mental
memperlihatkan pola aktivitas otak yang sama ketika diperlihatkan gambar-gambar mainan
kesukaannya maupun mainan yang tidak dia senangi. Namun, aktivitas otak anak-anak ini
langsung berbeda ketika mereka melihat gambar ibunya dan orang lain.

Memang studi ini dilakukan terhadap anak-anak yang telah berusia tiga dan empat tahun.
Namun, ditambahkan, temuan itu juga dapat digunakan untuk melakukan tes terhadap bayi
yang jauh lebih muda.

Hasil ini mendukung studi-studi sebelumnya. Di sana diperlihatkan bahwa anak-anak
sehat yang baru berusia enam bulan pun mempunyai pola aktivitas otak yang berbeda
ketika diperlihatkan gambar ibunya dan gambar orang yang tidak dia kenal.

Penelitian sebelumnya juga memperlihatkan bahwa ketidakmampuan melihat wajah orang
lain merupakan tanda yang paling tepat untuk membedakan bayi yang sehat dari penderita
autisme.