Bapak bisa baca seri AyahBunda yang judulnya "Serba-Serbi bayu Baru" plus
buku "101 Tips Terpenting Merawat Bayi" terbitan Dian Rakyat yang bisa
didapetin di Gramedia or Gunung Agung.. dari semua buku yang saya baca.. 2
buku itu cukup untuk pengetahuan bagi ortu baru... very handy and useful,
dan saling melengkapi.. berdasarkan pengalaman saya.. apalgi yang buku
kedua, sangat mudah dibaca dan banyak foto/gambarnya...

Yang penting lagi pak.. sebelum melahirkan.. atau secepatnyalah setelah
melahirkan, segera "temukan" DSA alias dokter anak yang lokasinya baik
praktek maupun rumahnya dekat dengan rumah Bapak, ketahui jadwal
prakteknya.. lebih bagus lagi ketahui no telp rumah/praktek/hpnya.. cari
referensi dari sekarang.. mana dokter anak yang mau diganggu "kapan saja"
dan mau menerima pertanyaan/konsultasi meski ringan sekalipun lewat telpon..
jadi kalau ada keadaan darurat atau sesuatu yang tidak diketahui ortu (apa
itu darurat atau tidak), anda bisa meneleponnya.. ini juauuh lebih penting
daripada nyetok obat-obatan.. apalagi  begitu keluar RS kan bayi harus
langsung/segera di bawa ke dokter anak untuk imunisasi pertamanya (BCG)..
itu kesempatan bagus untuk bertanya ke DSAnya apakah perlu menyetok obat2an
tertentu.. jadi sebelum membeli.. tanya dulu ke DSAnya... biasanya sih
paling dikasih saran beli obat untuk panas aja.. (baru entar "berkembang"
kalo si anak ketahuan punya alergi or sensitivitas tertentu..

Oh ya.. Bapak juga bisa cari buku tentang P3K untuk anak/bayi.. supaya bisa
memberikan pertolongan pertama kalau terjadi sesuatu.. (tindakan pertama
untuk setiap situasi sih : JANGAN PANIK!)