lha memang yg nentuin agama apa bukan seh sebenernye pemerintah kok.

Kalu jaman doeloe seh yg nentuin khan lembaga keagamaan hehehehe tapi
jaman sekarang ini kebanyakan pemerintah.

Di China sendiri yg nentuin negara alias pemerintahan kok.

Baidewai kalu KHC diangkat jadi aliran filsafat sebenernya lebih
bagus dibanding kalu jadi agama, soalnya gak jadi sempit.
Tapi ya itu khan hak2 org KHC jg kalu mrk minta dianggap sejajar sama
agama. Hal ini sama kayak Taoisme or Buddhisme. Ada yg buang semua
perangkat ritualnya ada yg masih mempertahankan perangkat ritualnya
sbg CIRI DAN IDENTITAS KELOMPOK getu lho.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, roni Wijaya <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> mas tentang konghucu
> konghucu bukan agama sampai sekarang masih dalam bentuk kepercayaan
> dan pemerintah mengakui bahwa konghucu bukan agama tapi kepercayaan

memperkenankan ajaran diluar 'kemasan "agama".
> Jaman baru merdekanya indonesia masih terdapat istilah agama
(religion) & kepercayaan (faith/way of life).
> Beberapa dekade dari Indonesia merdeka, istilah kepercayaan tersebut
dihilangkan/tidak diakui lagi.
> Dogma yang menciptakan stigma tersebut berbuntut panjang dan dalam
hingga kedalam pribadi rakyat Indonesia saat ini.

> Bagi saya:
> Konghucu bukan agama.
>
> Cheers,
> Postmo

Khonghucu di Indonesia

> Untuk bung ES dan kawan-kawan yang ingin mengetahui informasi
tentang perjalanan sejarah Khonghucu di Indonesia. saya lampirkan
tulisan dari sahabat saya Heriyanto Yang.

> Mudah2an bisa bermanfaat
>
> Trims
>
> # Tan
>

> Sejarah dan posisi hukum keberadaan Konfusianisme di Indonesia
setelah Proklamasi Kemerdekaan
> (Oleh: Heriyanto Yang, Yogyakarta)
>
> Latar belakang sejarah di zaman kolonial
> Orang Tionghoa diyakini telah mendiami tanah Indonesia, yang pada
zaman dahulu dikenal sebagai kepulauan Nusantara, sejak abad ke-3
Sebelum Masehi. Sebagaimana halnya umumnya kelompok-kelompok imigran
manapun di belahan dunia lain, mereka datang dengan membawa serta
budaya, adat istiadat, kepercayaan, dan nilai-nilai yang mereka anut;
tak ketinggalan pula tentunya rasa afinitas terhadap tanah asal
mereka. Demikianlah proses tersebut berlangsung selama berabad-abad.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Konfusianisme telah menanamkan
akarnya di tanah Indonesia sejak saat itu. Namun pada awalnya ia lebih
merupakan nilai-nilai, kepercayaan, dan praktek pribadi yang longgar
daripada sebagai sebuah agama baku masyarakat ataupun gerakan sosial.
Barulah pada awal tahun 1990-an, usaha untuk membuat Konfusianisme
sebagai sebuah gerakan sosial masyarakat yang terorganisasi baik mulai
dilakukan. Pada tahun 1900 berdirilah Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) di
Batavia
> (sekarang Jakarta). Pulau Jawa, yang merupakan pulau utama Indonesia
dan pulau di mana Batavia berada, kala itu merupakan sebuah daerah
jajahan Belanda, sebagaimana kebanyakan daerah lain yang sekarang
merupakan bagian dari Indonesia. Daerah-daerah jajahan ini secara
keseluruhan disebut Hindia Belanda dan diperintah oleh seorang
Gubernur Jenderal dari Belanda yang berkedudukan di Batavia. Dengan
tujuan utama melakukan pembaharuan serta meningkatkan pemahaman dan
penghargaan terhadap Konfusianisme di kalangan masyarakat Tionghoa di
Hindia Belanda, pendirian THHK diresmikan oleh Gubernur Jenderal pada
tanggal 3 Juni 1900. Pada tahun 1942, Belanda hengkang. Sejak saat
itu, wilayah Hindia Belanda menjadi daerah pendudukan Jepang hingga
tiga tahun setelahnya.