weleh yg aliran di latumentent malah dah bikin boekoe Taishang
ganyingbian yg jelas2 buku buat para pemula di Daojiao tuh.

So what is samkaw ? RESPECTlah pada ajaran laen itu aje intinye.

Kalu di Taiwan en di Tiongkok jaman doeloe neh sebelon si Mao berkuasa
ada istilah WANFA GUIZHONG artinye semua ajaran kembali kesatu sumber.

Budaya Tionghoa dah berjalan rebuan taon, gejolak awan angin badai
topan dah dirasain, jg wilayahnya gede, rakyatnya banyak. So dari
pengalaman sejarah mrklah , mrk ada satu keyakinan bahwa semua ajaran
baik adanya.

Sayangnya masuknya barat yg pake kekerasan di abad ke 19 itu dampaknya
luar biasa. Mrk yg toleransi jg gak tahan en angkat senjata ngelawan
perlakuan semena2 dan melecehkan ajaran lain.

Padahal perilaku semena2 jg dah mulai ada di abad ke 18 yg bikin
KangXi dan QianLong melotot ngeliat dogma kepercayaan org2 barat itu.
Dan menurut ke2 kaisar (sebenernya seh 3 ditambah YongZheng ) itu
agama adalah agama INTOLERAN.
Sayangnya banyak org2 Tionghoa sendiri pura2 nutup mata kalu itu
adalah sikap intoleran malah MEMBENARKAN.

Ironis bukan ? Saat ini mrk tereak toleransi tapi mrk lupa kalu mrk jg
sering memperlakukan yg lain itu TIDAK TOLERAN.

Ngutip kata father Van Schie, diawal perkembangan Kristen purba, mrk
mendapat perlakuan INTOLERAN tapi sayangnya mrk ketika kuat jg
INTOLERAN sama yg lain bahkan membantainya yg jauh lebih kejam
dibanding yg anti Kristen.
So itu kata2 YANG JUJUR !!!!!!!

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Hendri Irawan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
> memasukkannya ke Ru.
>
> Sedangkan dari kaum Shi, terutama dari kalangan Chan, sangat
> mengadopsi filosofi, ritual dan praktik kepercayaan Tionghua baik itu
> dari kaum Ru maupun kaum Dao.
>
> Di Indonesia, salah satu kalangan yang menurut saya paling maju dalam
> menggalakkan pendidikan budi pekerti Di Zi Gui yang berasal dari kaum
> Ru adalah kelompok Jingtu (Pureland) yang berasal dari kelompok Shi.
> Salah satu qianbei Di Zi Gui ada di milis ini. Salam hormat dari saya,
> pak N. Pusat kegiatan mereka di Jakarta adalah di daerah jalan
Latumenten.

> Jadi serba gado-gado kan ?
>
> Hormat saya,
>
> Yongde