On Tue, May 31, 2005 at 11:23:57AM +0700, Purwadi Solihin wrote:
> Salam sejahtera dan bahagia,
> Beberapa unek-unek yang masih jadi tanda tanya :
> 1. Policy.
>     Apakah semua domain didaftarkan melalui Registrar ?
>     Ataukah ada domain-domain tertentu yang masih didaftarkan
>     melalui ccTLD-ID ?

Lho, bukannya ini sudah pernah saya jawab.
Baik, diulang kembali.

Semua domain akan didaftarkan melalui Registrar.
Jika kami masih menerima pendaftaran, tentu tidak fair karena
bersaing dengan registrar. Jadi registry tidak boleh ikut bisnis.

Jadi sekarang siap-siap rekan-rekan pilih registrar yang sesuai.

> 2. Mekanisme Approval
>     Apakah pola approval masih sama seperti sekarang ?
>     Ataukah sudah mirip dengan pola registrasi domain .COM ?

Ini ada di materi acara pertemuan beberapa waktu yang lalu.
Pola approval agak berbeda, tapi tidak persis seperti .COM.
Ada dua "jalur" pendaftaran; jalur biasa (seperti biasa),
dan jalur cepat yang punya potensi dicabut kembali jika tidak
sesuai dengan aturan.
Jadi semua domain masih akan diperhatikan. Hanya, mekanisme
filter diharapkan ada di sisi registrar sehingga nama2 yang
berpotensi bermasalah sudah difilter dan dinasihati oleh registrar.

-- budi

Kirim email ke