Selamat pagi Pak Budi,

Saya tidak mewakili/ kepentingan kelompok APJII (IDNIC) - bahkan tidak kenal salah satu orangpun disana dan masih baru di milis sini, tapi kalo boleh saya bertanya:

1). Di negara lain, siapa pemegang ccTLD tersebut, apakah organisasi yang sejenis dengan APJII atau organisasi yang ditunjuk resmi oleh pemerintahnya?

2). Yang sudah berjalan selama ini di Indonesia, siapa yang menunjuk kelompok Pak Budi?  Kalau memang sebelumnya (awalnya) hanya dipegang oleh Pak Budi sebagai volunter karena waktu itu tidak ada yang mau, berarti penunjukan atas/ untuk diri sendiri; jadi sejauh mana tindakan ini disahkan dan oleh siapa (yg berwenang)?.  Maaf saya bertanya ini dikarenakan masalah domain satu negara (ID) dan banyak kepentingan bergantung disana dari sisi pengguna domain ID tersebut.

Hormat kami,
D. Pranata

Kirim email ke