Dear all,

Analisa Pak Catur di bawah ini benar-benar "hit the nail on the head", tepat sekali mendeskripsikan situasi yang terjadi sekarang. Saya berharap siapapun yang akan menjadi penengah (Menkominfo?) bisa melihat dari sudut pandang ini.

Harus dilihat perbedaannya:

- IP address and koneksi ke IIX --> hanya PJI yang memerlukan. Organisasi lain (non-PJI) tidak perlu koneksi ke IIX atau punya IP address sendiri, karena mereka bisa minta IP address ke PJI, dan terkoneksi ke IIX lewat PJI. Jadi adalah pantas dan cocok kalau APJII yang mengelola IIX dan IP address assignment.

- Domain name .ID --> Semua organisasi memerlukan, bukan hanya PJI. Bahkan jumlah pengguna CO.ID (perusahaan pada umumnya) jauh lebih banyak dibandingkan pengguna NET.ID (PJI pada umumnya). Even perorangan pun bisa daftar OR.ID atau WEB.ID. Jadi adalah pantas dan cocok kalau domain name .ID dikelola oleh organisasi terpisah (misalnya IDNIC atau cctld-ID) yang "netral" dan bisa "mengayomi" semua lapisan masyarakat (end users, ISPs, organisasi non-ISP, etc), dibandingkan dengan APJII yang, sebagai asosiasi nirlaba, akan lebih memprioritaskan kepentingan anggotanya, yaitu para ISP.

Tidak ada yang salah dengan APJII yang lebih memprioritaskan kepentingan anggotanya, itu gunanya sebuah asosiasi. Sebagai salah satu mantan staff sebuah PJI di Indonesia, saya merasakan banyak sekali manfaatnya dengan adanya APJII yang "memayungi" para PJI. Kita bisa mengembangkan IIX yang notabene menghemat bandwidth internasional, koordinasi untuk masalah teknis-teknis PJI, dan lain-lain.

Hanya saja, APJII diharapkan hanya mengelola pelayanan yang memang dikhususkan untuk diberikan kepada para anggotanya, dan tidak mengelola pelayanan yang diberikan kepada khalayak umum. Takutnya, nanti akan ada "non-fair play" yang akan lebih menguntungkan PJI anggota APJII dan merugikan masyarakat pengguna domain .ID pada umumnya.

Saya pikir, tidak ada masalah dengan APJII yang ingin memasukkan IDNIC sebagai salah satu agenda-nya. Tapi, sebaiknya APJII tetap memberikan "kebebasan" kepada team ccTLD sekarang untuk mengelola domain .ID, dan tidak ikut campur dalam hal teknis operasionalnya. APJII bisa bertindak sebagai pemantau, pemayung atau apa lah namanya :) namun teknis operasional pengelolaan tetap dilakukan oleh Pak Budi dan team.

Jadi secara struktural pun tidak akan "bentrok" dalam hal ini. Secara teknis, Pak Budi dan team akan tetap di bawah IANA dan terus melanjutkan operasional pengelolaan domain .ID, dan secara organisasi, mungkin IDNIC/ccTLD-ID bisa di bawah "naungan" atau "payung" APJII, tanpa APJII ikut campur dengan urusan teknis operasionalnya.

Semoga masalah ini bisa ditangani dengan kepala dingin dan memberikan hasil "win-win solution" untuk kedua belah pihak (cctld-ID dan APJII) dan masyarakat Internet Indonesia pada umumnya.

Terima kasih.

-ip-

        s=beta; d=gmail.com;

h=received:message-id:date:from:reply-to:to:subject:in-reply-to:mime-version:content-type:content-transfer-encoding:content-disposition:references;

b=dTYEAiguFenKHXHZu8CgIOxzWggKvRau+mXNTqZP1yr1Cnx2j9yqBoUMCdVUgvokvjqysO06nvMMIVBW8Ty4js57ssz3kJ5yYmquo00CasIbJd5VGYoudSHnCj2kWKILKEJfmI0LtT+Oh05Ebut/ZTk7b787SntTp8/1l4lkB4E=