> kenapa tidak mencoba seperti amerika atau singapore? :D

Kenapa kita harus mencoba menjadi Amerika atau Singapore?

> lebih praktis dan lebih mudah.. dan bisa lebih efisien, karena tidak
> perlu terlalu banyak tugas validasi, kirim fax, telepon,
> bikin ijin dan
> sebagainya.

Saya dulu mendaftarkan domain ngga susah.
Register, kirim syarat2, ngga sampe 48 jam sudah oke tuh.

Siapa bilang mendaftar domain di Singapore semudah itu? Kalo mendaftarkan
com.sg di SIngapore, perusahaan anda harus terdaftar dulu di Pemerintah.

> btw waktu dulu yang mendasari pake aturan (imho) "ribet" itu gimana?
> mungkin di negara negara asia lainnya seperti itu yah? ato di
> indonesia aja?

Anda sih, melihatnya cuman .COM doang. Coba lihat .US (milik Amerika),
.COM.SG, .COM.MY, dll.

> btw ada peraturan khusus ga dari ICANN kalo domain harus pake
> surat ijin
> dari pemerintah?

Tergantung masing2 ccTLD.

BTW, anda jangan generalisasi semua domain .ID dong. Ini spesifik CO.ID kan
yg anda permasalahkan?

- irving
http://www.irvingevajoan.com

Kirim email ke