From: dokter_umum@yahoogroups.com [mailto:dokter_u...@yahoogroups.com]
On Behalf Of dr. Budi Maryanto, SpOG
Sent: Monday, May 18, 2009 2:27 PM
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Subject: Re: [Dokter Umum] Mau tanya dok..

Hampir semua  IUD (spiral) dilengkapi dengan ekor berupa benang. Fungsi
benang ini untuk mengecek apakah spiral masih di tempatnya.

Kalau benang teraba di mulut rahim berarti spiral masih di dalam rahim.

Kalau benang IUD tidak teraba atau tidak terlihat oleh dokter atau bidan
baru dilakukan pemeriksaan USG.

Namun kadangkala ada pasien yang risih diperiksa organ genitalnya,
sehingga langsung di-USG.

regards,

dr. Budi Maryanto, SpOG

Sent from BMR's BlackBerry(r)