From: Awang Satyana [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 16 Oktober 2002 13:26
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: RE: [iagi-net-l] Fw: Deep sea SFZ di palung jawa telah
terbukti

Tentang SFZ, dapat digolongkan dua pemikiran. Beberapa penulis sudah menduga
bahwa SFZ tidak berhenti di Teluk Semangko, baratdaya Lampung, tetapi
memanjang sampai memotong Palung Jawa di baratdaya Jawa Barat. Tetapi ada
juga beberapa penulis yang menghentikan SFZ cukup sampai Teluk Semangko
saja. Maka riset laut-dalam sekarang ini yang menemukan zone sesar 60 km
selatan Pelabuhan Ratu membenarkan dugaan kelompok penulis pertama dan
mengoreksi kelompok penulis kedua yang menghentikan SFZ di Teluk Semangko.
Sebenarnya, SFZ tidak memanjang ke perairan tenggaranya dengan mulus
membentuk satu PDZ (principal displacement zone), tetapi membentuk pola
duplex strike-slip dan stepping. SFZ diteruskan ke Ujung Kulon Fault Zone
(UKFZ) dengan pola left-stepping dari UKFZ ke SFZ, sehingga menghasilkan
releasing splay di koneksi SFZ dan UKFZ yang mengakibatkan pembukaan Selat
Sunda dengan pola rifting utara-selatan. Dari UKFZ ke selatan lagi, ini yang
sedang diselami, polanya pun tidak mulus tetapi merencong (en echelon)
membentuk extension fracture. Pola ini ditemukan terus sampai sekitar 50 km
di utara Palung Jawa dan di situlah penerusan SFZ berhenti.
Yang menarik juga adalah penerusan barat Sesar Cimandiri yang dipotong oleh
UKFZ. Penerusan Sesar Cimandiri tetap berarah BBD-TTL seperti di onshorenya
dan arah ini tidak cocok ketika dicoba dianalisis dengan strain ellipsoid
dextral dengan SFZ sebagai principal displacement zone-nya. Buat saya, ini
mengindikasi Sesar Cimandiri lebih tua dari semua sesar besar di perairn
Selat Sunda ini. Juga, membuat fenomena baru : kemana sebenarnya trend
Cimandiri Fault di onshore Jawa Barat. Apakah jalur Pelabuhan
Ratu-Sukabumi-Rajamandala-Majalengka, atau Pelabuhan Ratu-Sukabumi-lalu
belok tajam menuju Teluk Jakarta dan persis membatasi Blok Banten, atau
memang belokan tajam sesar besar itu lain dari Cimandiri Fault ?
Awang H. Satyana
 Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Kalo memang akhirnya
terbukti keberadaan sesar ini, apakah ada teori baru, koreksi, atauhal lain
yg akan bisa diterangkan tentang SFZ ?

rdp