  From: Shofiyuddin
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Sent: Wednesday, June 06, 2007 6:53 AM
  Subject: [iagi-net-l] Petrophysics - Formation Water Properties

  Barangkali ada rekan netter yang mau share tentang sifat sifat atau komponen
komponen utama yang ada dalam air formasi (connate water) seperti misalnya
kandungan anion dan kationnya. Kandungan anion dan kation ini tentunya akan
bervariasi terhadap lingkungan pengendapan. Komponen komponen utama yang saya
maksudkan adalah:

  Kation:
  Na, K, Mg, Ba, Fe, Sr

  Anion
  Cl, HCO3, SO4, CO3 dan OH.

  Pertanyaan selanjutnya adalah komponen apakah yang kritikal yang harus
dilihat ketika kita membaca data air dari hasil DST (chance untuk data data air
murni sangat besar mengingat waktu dan volumenya cukup) atau MDT (chance untuk
dapat air murni kecil karena kendala waktu dan volume yang dipompa kecil)
apakah air tersebut masih terkontaminasi sama filtrate atawa enggak. Kalo dulu
Tracer nitrate (NO3) bisa dicampurkan dalam mud sehingga akan sangat mudah
mendeteksi adanya kontaminasi ini, namun karena alasan safety, bahan ini tidak
digunakan lagi. Atau adakah sifat sifat atau komponen laen yang belum tercakup
diatas tapi sangat kritikal?

  Ada kontraktor mengusulkan untuk melakukan uji finger print untuk filtrate
dan sample untuk menentukan sejauh mana tingkat kontaminasinya. Tapi sementara
saya tolak karena saya yakin sample MDT ini terkontaminasi.

  Terima kasih sebelumnya.

  Shofi