Gempa, getaran, dan bunyi saling berkaitan dalam hal yang satu membangkitkan
yang lain. Gempa menyebabkan getaran, getaran menyebabkan bunyi. Jumlah getaran
per detik adalah frekuensi. Getaran dan bunyi merambat melalui gerak gelombang.
Maka dari satu titik asal gempa, efek getaran, bunyi, dan kerusakan yang
disebabkannya bisa dirasakan dalam kawasan yang luas.

Pada saat hendak terjadi gempa Kobe 1995 banyak orang melaporkan merasakan
getaran dan mendengar bunyi berfrekuensi rendah dari bawah tanah. Fenomena ini
telah menginspirasi para ahli gempa memasang seismograf dan hidrofon di bawah
permukaan tanah atau di dasar laut.

Lumba-lumba, memang bermain di kisaran bunyi berfrekuensi tinggi (ultrasonik)
di antara 40.000 - 100.000 Hz (Ridgeway, 1990). Frekuensi bunyi setinggi itu
sudah tak bisa ditangkap manusia sebab telinga manusia peka di frekuensi rendah
(infrasonik) 20 - 17.000 Hz. Lumba-lumba moncong botol bisa mendengar frekuensi
rendah 1000 Hz, asal cukup keras.

Gempa menghasilkan sinyal akustik (bunyi) gelombang-T dengan periode fase-T dan
amplitudenya berhubungan dengan magnitude gempa. Gempa menghasilkan energi
akustik berfrekuensi 5-100 Hz. Frekuensi serendah itu tidak akan bisa didria
lumba-lumba. Maka, lumba-lumba bernavigasi kacau sebelum gempa Talaud kemarin
mungkin tak ada hubungannya dengan getaran dan bunyi gempa.

Bagaimana dengan kekacauan karena gelombang elektromagnetik (EM) yang
dikeluarkan sebelum terjadi gempa ? Gelombang EM diduga akan dibentuk oleh
perubahan-perubahan stress (tekanan) yang dialami wilayah hiposentrum sebelum
gempa terjadi. Gelombang EM ini naik ke atas ke permukaan Bumi juga menuju
atmosfer dengan berbagai nilai konduktivitas listriknya. Gelombang EM dan
konduktivitas listrik yang disebabkannya akan menyebabkan polarisasi awan
terlihat tegak lurus di atmosfer.

Lumba-lumba punya sensor biomagnetit yang memberikannya electromagnetic sense
yang dapat menghubungkan respon otaknya dengan berbagai fenomena
elektromagnetik. Apakah semburan gelombang elektromagnetik dari gempa besar
telah mengacaukan respon otak lumba-lumba sehingga kehilangan daya navigasinya
? Bisa diteliti lebih jauh.

salam,
awang