Saya amati, geolog2 Australia banyak yg tertarik akan volkanologi karena
volkanisme itu suatu rangkaian proses alami yg menakjubkan yg di negaranya
tidak dijumpai. Begitu punya uang sedikit mereka langsung pergi mencari volkano
di Selandia Baru, Indonesia atau negara Pasifik lainnya utk dikagumi dan
dipelajari.
Geolog Indonesia sejak lahir sudah mengenal gunungapi. Anak2 TK-SD selalu
menggambar volkano berdekatan dengan sawah. Hidup berdampingan dengan gunungapi
adalah sesuatu yg being taken for granted. Hal ini ternyata mengurangi
antusiasme utk secara bersungguh2 mempelajari ilmu kegunungapian. Mahasiswa
geologi melakukan pendakian gunung dg semangat pecinta alam, bukan pecinta ilmu
kegunungapian
(salut akan usaha RDP, Budi Brahmantyo dkk dalam menggeologikan masyarakat dan
memasyarakatkan geologi)

Wslm
Prianggito

Sent from my iPhone