Dengan range harga segitu bapak bisa ambil seri thinkpad x (x250
kemungkinan masih bisa dpt) atau dell pak.
Dell latitude e7270 saya i7 ram 16gb ssd512 dan fhd biar enak kalau coding
anak TI
Saya juga pake thinkpad x250 i5 dan 256ssd fhd.

Kenapa tdk disarankan seri m, krn saya ada dell e7350  procienya serie m
kalau buat excell yg ada rumus dan makronya agak lag begitu juga seri mac
kalau jalankan excell ada rumus2 yg kompleks juga ngelag kecuali mbp ya pak.

Kalau mau ke desain grafis sepertinya pake mac sarannya pak.

Cmiw yaaa

Regards
EdyPurwanto

On Sep 1, 2016 18:06, "Otong Tjahjono Witjaksono" <otongwi...@gmail.com>