Sujiwo Tejo dan Haid Pertama Putrinya

JAKARTA, KAMIS - Apa yang terjadi pada anda ketika tahu bahwa putri anda
baru saja mendapat menstruasi pertamanya? Dalang serta artis musik dan peran
Sujiwo Tejo mengaku bingung sekaligus khawatir ketika menghadapi kenyataan
itu.

Sambil mengacak-acak rambut gondrongnya, bapak empat anak ini bercerita
bahwa ia merasa belum siap ketika tahu bahwa putrinya sudah mengalami datang
bulan untuk pertama kali. "Mungkin, kalau yang tahu ibu-ibu, mereka lebih
siap. Tetapi, kalau aku sebagai bapak ditanya bagaimana perasaanku, yo
bingung tenan," tutur Tejo usai pementasan KabaretJo (Ketawa Bareng Sujiwo
Tejo), di Viky Sianipar Music Center, Jakarta, Rabu (22/11) malam.

Bagi pria kelahiran Jember (Jawa Timur), 31 Agustus 1962 ini, menghadapi
putrinya yang mendapat haid untuk pertama kali merupakan pengalaman yang
sangat berarti dan menjadi pelajaran tersendiri. Makanya, untuk pementasan
KabaretJo malam itu, ia mengangkat hal tersebut jadi tema cerita.

"Ide pementasan KabaretJo berlatar belakang pengalaman pribadi saya. Salah
satu tujuannya, agar para orangtua yang memiliki anak perempuan mulai
menyiapkan diri dan memberi bekal pengetahuan tentang kondisi fisiknya yang
mulai mengalami perubahan," terangnya.

Menurut Tejo, tidak hanya dirinya yang mengalami kebingungan dan
kekhawatiran menghadapi kenyataan itu. Sejumlah kawannya juga begitu. "Saya
punya teman yang sedang berlibur berdua bersama anaknya di Kota Malang. Di
tengah menikmati liburan, sang anak mengaku mengalami menstruasi. Betapa
kalutnya kawan saya saat itu dan tak tahu apa yang harus ia lakukan," kisah
Tejo, yang sering mengajak manggung anaknya, Nala.

Dalam pementasan KabaretJo, yang berlangsung 90 menit, Tejo menceritakan
dalam bahasa tutur dan gerak tubuh bagaimana kebingungan dan kegelisahannya
ketika mengetahui Nala sudah beranjak remaja. "Haid merupakan salah satu
tanda seorang anak mulai dewasa, sehingga  orangtua harus memantau pergaulan
anak dan lebih berhati-hati menjaganya," nasihat Tejo.

Sumber: Antara