At 16:24 28/08/2004 +0000, xneakers wrote:
>USB
>untuk
>
>===== Topiknya menarik juga (walaupun salah judul)... karena saya
>sudah cukup lama pake PPC/Palm... rasanya saya bisa kasih info
>tambahan sedikit...

akhirnya ada yang lebih mutu (baca: straight to the point, nggak
berbelit-belit) daripada si jaim dan si william IT ini.

>Toshiba sejak jaman seri E740/750 (bukan E800 saja) memang sudah
>punya presentation pack yang dicolok ke konektor bawah PDA tersebut.
>Memang disediakan sebuah slot USB dengan tambahan kabel yang akan
>bisa dikoneksikan ke Mouse dan Keyboard. Tapi sejauh ini ya hanya itu
>saja... Tidak/belum ada support untuk device lain (CMIIW)...

berarti jika ada yang klaim bisa transfer DV (and i really mean transfer,
not streaming, karena streaming bisa jadi ada downsample), walaupun pda-nya
sudah berkonektor USB, tapi dia sifatnya bukan host, berarti harus ganti
PDA dong? hehe, not a smart solution imho.

>Saya kurang paham soal DV Streaming, karena memang tidak main video
>editing... Mungkin ada yang jago VE bisa konfirm butuh speed berapa
>minimal buat streaming DV tanpa putus2? Setau saya sih DV butuh
>bandwidth yang lumayan gede supaya hasil streaming-nya bagus (kadang
>kalo HDD kita "lelet" aja suka kaga sinkron antara video dan audio).

transfer DV itu menghabiskan 8 - 13 GB hdd dalam 1 jam, jadi perhitungan
kasarnya dia butuh bandwidth minimal 20 Mbps. jauh di atas spek USB 1.1,
tapi bisa ditangani firewire 1 yang 400 Mbps dan USB 2 yang 480 Mbps,
apalagi firewire 2 yang 800 Mbps. cuma yang saya tahu transfer DV itu
natively disupport oleh firewire saja, sementara USB yang saya tahu tidak
ada yang support transfer DV secara native, yang ada itu seperti pakai
pixela-nya sony, DV dikonvert secara realtime di handycam-nya ke MPEG1 dan
baru streaming via USB. dan imho hasil konversi dari sony itu jelek sekali,
banyak MPEG artefacts yang muncul.

thread yang berkepanjangan ini sebenarnya diakibatkan oleh hal yang simpel,
orangnya tidak tahu apa sebenarnya DV itu, dan dianggap sama dengan format
MPEG1 / MPEG4. problemnya makin bertambah ketika orangnya juga tidak mau
tahu ketika diberitahu :(

akhirnya saya malas nerusin membenturkan kepala ke tembok, hehe. mana ada
yang berusaha nyepam saya tapi ketahuan akibat dia lupa ganti anon proxy-nya :P

>Kalo memang benar butuh bandwidth gede, tampaknya mau DV streaming ke
>PDA langsung itu termasuk "MIMPI". Apa iya bandwidth PDA yang ratusan
>KB/s ini cukup buat streaming? (Anggap saja driver/software sudah
>dibuat dan PDA sudah support USB Host). "MIMPI" yang sama seperti
>saya mengharap ada Mobil KITT di Knight Rider atau Selma di
>TimeTrax... Teorinya bisa terjadi, but not now... :(

bisa kok, tinggal masalah harga saja, bisa nego kok ;-)

>Segitu yang bisa saya tambahkan dari dunia PDA dan beberapa
>kemampuan/keterbatasan PDA...
>Sedikit tambahan lagi supaya tidak rancu, PDA dan Notebook itu adalah
>dua dunia berbeda... PDA bukanlah notebook ukuran kecil...

well, sebenarnya tidak mutlak salah juga orangnya, mengingat pda itu punya
elemen2 dasar sebuah komputer: punya prosesor, punya memori, dan bisa
diprogram. namun kalau cuma pake syarat ini dibilang bisa transfer DV,
berarti garmin gps seri 60cs yang juga punya prosesor, memori dan
programmable (dan juga punya port USB) bisa dibilang bisa transfer DV juga
donks... :P

--
Even if I was banished to the darkest place,
my love will never let me be a lonely spirit