At 11:24 PM 8/28/2004, you wrote:
>Toshiba sejak jaman seri E740/750 (bukan E800 saja) memang sudah
>punya presentation pack yang dicolok ke konektor bawah PDA tersebut.
>Memang disediakan sebuah slot USB dengan tambahan kabel yang akan
>bisa dikoneksikan ke Mouse dan Keyboard. Tapi sejauh ini ya hanya itu
>saja... Tidak/belum ada support untuk device lain (CMIIW)...
>Sepertinya masih butuh driver - anyway dulu waktu saya pake E740
>dengan USB untuk Mouse dan Keyboard saja responnya masih agak parah,
>suka patah2... Probably better this time, since saya pake E800 cuman
>beberapa hari saja :(

Bung Jimmy,
just sharing.....

saya pake e740+expansion pack, bisa baca usb drive,
camera digital juga didetect sbg usb drive juga.
pasang usb bluetooth juga bisa jalan.
jadi ngak perlu beli sd bluetooth lagi. :))
btw, utk usb mouse ada diskusi yg menarik di brigthand.com
dan solusi tentang mouse yg macet2.

>Problem yang akan kita alami adalah masalah driver.. USB tidak
>segampang asal colok... Masih ingat Win98? Tanpa driver bahkan Mass
>Storage USB saja tidak bisa detek... Sepertinya PDA-pun akan
>mengalami masalah yang sama... Butuh driver...

untuk usb drive, pakai Deje Universal Mass Storage Driver, googling aja.
utk usb bluetooth, pakai Toshiba USB Stack Driver (kalo ngak salah nulis)
bisa di cari di forum brighthand.com or situsnya Toshiba.

>Problem terakhir lain dan juga paling penting adalah kecepatan. Bukan
>mau sombong, tapi saya sudah tes hampir semua PDA (PPC/Palm)
>terbaru... Masalah transfer USB PDA, rasanya masih terlalu lambat...
>di bawah 1 MB/s (dengan kata lain masih utilisasi USB 1.1)...

Iya, speednya masih memprihatinkan, tapi lumayan buat emergency.
yg ngak tahan cuman konsumsi baterai aja, kalau dipasangin usb
device pasti baterainya lebih cepat habis. :((

> [...]
>bandwidth yang lumayan gede supaya hasil streaming-nya bagus (kadang
>kalo HDD kita "lelet" aja suka kaga sinkron antara video dan audio).
>
>Kalo memang benar butuh bandwidth gede, tampaknya mau DV streaming ke
>PDA langsung itu termasuk "MIMPI". Apa iya bandwidth PDA yang ratusan
>KB/s ini cukup buat streaming? (Anggap saja driver/software sudah
>dibuat dan PDA sudah support USB Host). "MIMPI" yang sama seperti
>saya mengharap ada Mobil KITT di Knight Rider atau Selma di
>TimeTrax... Teorinya bisa terjadi, but not now... :(

Saya pernah coba streaming movie lewat WiFinya e740 ke notebook,
hasilnya bagus dan tidak putus-putus dgn catatan bahwa movie yg
distreaming itu emang formatnya utk PPC, eg. baudrate rendah, dll.
pernah coba streaming file VCD, putus2 hasilnya, setelah diconvert
ke format PPC langsung jreng.... :))

>.....cut.....
>aplikasi office sederhana, aplikasi2 kecil personal/PIM, puter MP3,
>puter MPEG1 dengan mulus (dengan syarat harus re-encoded dengan lower
>bandwidth, approx 500-700 Kbps - compared to VCD > 1000 Kbps or
>DVD/MPEG2 > 3 Mbps), sedangkan puter DivX (re-encoded ke lower
>bandwidth juga) masih kadang putus2 (walaupun cukup playable)...

yg pernah saya test dgn e740, maksimum bw, 232Kbps. kalau diatas
itu agak seret jalannya. playernya WMP ver 8.5.

>Just a thought, so CMIIW... :)
>
>Sincerely,
>Jimmy Auw.

CMIIW juga :))