On Thu, 9 Sep 2004 02:55:12 -0700 (PDT), Arif Hakeem
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Burn sih sering, cuman yg gak pernah itu dari file yg
> gak bisa bootable trus dibuat bootable from CDROM itu
> lho yg gak pernah pak.....:)
> Lagian kalo' asal burn apa bisa ngeboot from CDROM ?
> Itu maksudnya.....

Begini lho pak, saya coba pakai bahasa yang segampang mungkin. Yang
namanya CD bootable itu anggap saja kalau sudah jadi nanti adalah
terdiri dari dua area, yaitu:

1. area boot loader yang sebenarnya berisi copy dari sebuah disket bootable
2. area data yang bisa diisi sembarang jenis file, termasuk file yang
mau anda burn tsb.

Sedangkan kalau yang namanya file .ISO itu adalah image dari sebuah CD
yang sudah 'jadi'. Sumbernya bisa CD yang bootable, CD non-bootable,
VCD, CD Audio dll.

Jadi bukannya file yang bapak burn tsb. yang lantas dijadikan bootable.

Bisa juga diibaratkan bahwa burning CD yang selama ini bapak lakukan
itu adalah cuma mengisikan/mengcopy sebuah/beberapa file kedalam
sebuah disket (anggap disket ini adalah analogi dari CD). Tapi selama
ini disket-nya tidak bisa untuk booting (non bootable) karena tidak
ada boot loader-nya.

Cuma, bedanya karena di CD itu tata cara penulisan datanya adalah
seperti 'obat nyamuk'  (melingkar sekuensial) maka mutlak jika
nantinya dikehendaki CD tersebut bootable harus sejak awal 'diisi'
dengan image yang diambil dari sebuah disket bootable. Dan di area
data bisa kita isi sekehendak kita dengan data/file.